Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Serba-serbi KTT G20 Bali, Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Media Center

Serba-serbi KTT G20 Bali, Indonesia Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Media Center Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali, 15 hingga 16 November 2022 menjadi perhatian awak media lokal, nasional dan mancanegara yang bertugas di Media Center, yang berlokasi di Bali International Convention Center (BICC), Westin, Nusa Dua, Bali. Pasalnya salah satu syarat untuk memasuki media center adalah wajib melakukan Swab Antigen, yang lokasinya juga ada disekitar BICC.

Pemeriksaan dan pelayanan tersebut diberlakukan ketat mulai dari 13 hingga 16 November 2022 sebagai penerapan Protokol Kesehatan di KTT G20 agar berlangsung aman dan sehat. Peraturan ini juga sebagai bentuk komitmen negara anggota G20 mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 maupun penyakit menular lainnya.

Baca Juga: Sindiran Mazdjo Loyalis Ganjar Soal Anies Tampil di Side Event G20: Nggak Penting!

Menggunakan sistem terintegrasi dari ID Badge, setiap peserta, tamu dan jurnalis yang memasuki area Media Center akan terbaca di mesin tanda pengenal, telah melakukan swab antigen dengan status negatif.

Tempat pelayanan Swab Antigen di BICC Westin Nusa Dua, adalah area di halaman terbuka di seberang gedung Media Center. Untuk sampai ke tempat tersebut ada pintu kecil dan jalan menurun ke bawah menuju lapangan tenis yang ada di Hotel Westin. Lokasi menggunakan area dua lapangan tenis hotel, yang masing-masing lapangan memiliki ukuran panjang 23,77 meter dan lebar 10,37 meter. Registrasi dan pemeriksaan dilakukan di dua tenda besar berwarna putih.

Pada tenda pertama di bagian kiri, dipakai sebagai ruang pendaftaran Swab Antigen. Di ruangan ini setiap orang wajib mendaftar ke bagian registrasi dengan cara meletakan kartu pengenalnya di mesin pembaca data yang tersambung ke komputer pendaftaran. Kemudian oleh petugas data akan disalin di lembar kertas yang dibagikan untuk diteruskan ke petugas medis yang telah bersiap dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, melakukan pemeriksaan Swab Antigen di tenda kedua. Selanjutnya kembali ke tenda pertama, untuk menunggu hasilnya.

Salah seorang tenaga kesehatan (Nakes), Lina Lestari mengatakan peserta yang telah mendaftar akan membawa lembar pendaftaran masuk ke ruang medis untuk langsung dilakukan Swab Antigen. “Sebelumnya saya melakukan konfirmasi ulang tentang nama dan data diri si peserta. Setelah data sesuai, baru dilakukan Swab Antigen dengan menggunakan tool swab yang di bagian ujungnya terdapat kapas halus,” kata Lina, Kamis (17/11/2022).

Setelah pemeriksaan oleh Nakes, peserta media disarankan kembali ke tenda pendaftaran dan menunggu namanya dipanggil untuk diberitahu hasilnya yang terhubung ke kartu pengenal. Total proses pemeriksaan Antigen dari awal hingga mendapatkan hasil setiap orang mencapai waktu sepuluh menit.

Baca Juga: Nilai Wacana Duet Anies Baswedan dan Gibran Cuma Angin Lewat, PKS Tegaskan: Hanya Aher atau AHY!

Sementara Abiyoye Damares, pewarta dari South African Broadcasting Corporation yang sudah tiga kali melakukan Swab Antigen sejak hari Minggu memberikan pujian. “Indonesia punya cara yang bagus untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada kami media asing dengan tes seperti ini sebagai upaya pencegahan dan suksesnya kami meliput KTT G20,” kata pria berambut ikal sambal tersenyum.

Baca Juga: Narasi Para Pendukung Anies Soal Sodetan Kali Ciliwung Dinilai Percuma: Mandeknya Proyek Ini Sudah Jelas di Tangan..

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: