Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Airlangga Hartarto: Tak Satupun Partai Bisa Menangkan Pemilu Sendirian

Airlangga Hartarto: Tak Satupun Partai Bisa Menangkan Pemilu Sendirian Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan pentingnya koalisi untuk menghadapi Pemilu 2024. Ia berkaca pada pemilu di Malaysia, ketika dua partai yang memiliki suara terbanyak tak berkoalisi dan berakhir tak memimpin pemerintahan.

Apalagi sejak reformasi, tak ada lagi partai politik yang bisa memenangkan pemilu dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Paling tinggi hanya meraih suara 30 persen.

"Pemilu itu bukan tujuan akhir, tujuan akhir kita adalah rakyat sejahtera. Karena itu, tidak ada satupun partai politik di Indonesia yang bisa menang pemilu sendiri," ujar Airlangga dalam pidato acara penutupan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar, Selasa (22/11/2022).

"Tidak ada satu partai partai politik yang hari ini, dalam konteks hari ini bisa menang di atas 50 persen," sambungnya.

Baca Juga: Balas Dendam Seperti yang Diterima Gatot Berpotensi Terjadi di Acara Kaesang, Dugaan Rocky Gerung Tajam: Surya Paloh Tahu Jokowi Ingin…

Karenanya, pihaknya mengambil cara berbeda untuk menghadapi Pilpres 2024, yaitu dengan mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sejak awal.

Menurut Airlangga, KIB merupakan kerja sama politik Golkar bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, pihaknya terus mencoba menarik partai politik lain untuk bergabung dengan koalisinya.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: