Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terkuak Drama Pemecatan Rizal Ramli Sebagai Menteri, Panda Nababan Kisahkan yang Dilakukan Jokowi-JK

Terkuak Drama Pemecatan Rizal Ramli Sebagai Menteri, Panda Nababan Kisahkan yang Dilakukan Jokowi-JK Kredit Foto: Instagram/Rizal Ramli
Warta Ekonomi, Jakarta -

Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di Kabinet Indonesia Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK).

Hanya 10 bulan menjabat, Rizal Ramli akhirnya didepak oleh Jokowi-JK dari Kabinet Indonesia Kerja. Ada drama yang terjadi saat pemecatan Rizal Ramli itu. 

Baca Juga: 'Woi, Pembela JK Datang, Woi', Politikus Senior PDIP Kuak Kisah Lama jadi Penengah Jusuf Kalla dan Rizal Ramli

Kisah ini diceritakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Panda Nababan saat berbincang di YouTube Total Politik. 

Panda mengatakan, Rizal Ramli sejak awal masuk kabinet sudah tidak suka dengan JK dan itu ditunjukkannya terang-terangan di hadapan menteri-menteri lain.

"Dengan masuknya Rizal Ramli, bergoncanglah si JK. Bayangkan sidang kabinet, menteri datang disalami semua. Rizal dia salami semua, JK dia lewati. Demonstratif. Dia tunjukkan ketidaksenangannya dengan wapres," kata Panda.

Hingga suatu ketika JK mengeluh ke Panda dengan beranggapan dijadikannya Rizal Ramli sebagai menteri merupakan cara Jokowi untuk menetralisir peran JK sebagai wapres.

Panda lalu menyampaikan keresahan JK ke Jokowi langsung. Menurut Panda, situasi seperti ini tidak sehat dan meminta Jokowi menyampaikan langsung ke JK. 

"Presiden komentarnya saya akan jelaskan. Dijelaskan. JK juga bilang ke saya sudah dijelaskan ke saya," papar Panda.

Panda Nababan lalu menceritakan drama yang terjadi saat Rizal Ramli dipecat sebagai menteri. Saat itu para menteri yang akan diganti dikumpulkan Jokowi JK di suatu ruangan. 

Di sebelah kiri duduk JK di belakangnya Pramono Anung sementara di kanan duduk Jokowi di belakangnya Pratikno. Mereka lalu berhadapan dengan Rizal Ramli. 

"Pak Rizal terima kasih banyak atas keterlibatannya membantu saya selama ini," ujar Jokowi seperti yang ditirukan Panda. Ternyata Rizal Ramli tidak diam. 

"Mohon maaf pak Presiden, izinkan dulu saya bicara. Saya memang tidak sependapat dengan wapres," jawab Rizal yang lalu mendebat perkataan Presiden Jokowi.

Jokowi tetap tenang menghadapi Rizal Ramli yang tensinya sudah naik. "Iya iya nanti kita bicarakan," ujar Jokowi sebagaimana diceritakan Panda.

"Pak Presiden memang saya tidak cocok dengan Wapres tapi jangan jadi itu alasan memberhentikan saya," tegas Rizal Ramli.

Mendengar perkataan itu, kata Panda, JK terpancing emosinya hingga buka suara dengan nada tinggi.

"Meledak si JK. Eh begini ya Rizal, kau bukan level aku ya bilang berdebat. Kau bukan level aku," kata Panda menirukan perkataan JK kala itu.

Baca Juga: Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT ST Widya Dharma ke-44

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: