Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Raih Penghargaan Global Leadership Award, Guru Besar Ini Sebut karena Presiden Sudah Ciptakan Perdamaian Dunia

Presiden Jokowi Raih Penghargaan Global Leadership Award, Guru Besar Ini Sebut karena Presiden Sudah Ciptakan Perdamaian Dunia Kredit Foto: Antara/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof. Dr. Maasba Magassing menyatakan, penghargaan Global Leadership Award yang diraih oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi sangat wajar usai perannya untuk menciptakan perdamaian dunia. 

Prof. Maasba mengakui Presiden Jokowi sudah banyak melakukan manuver baik dalam negeri maupun luar negeri, baik itu di ASEAN maupun di Eropa. 

Salah satu langkah konkrit Presiden Jokowi, kata Prof. Maasba adalah menjembatani Presiden Rusia dan Presiden Ukraina untuk menghentikan perang untuk menghindari krisis ekonomi.

Baca Juga: Rekor Menang Pemilu dan Pilkada Hingga Lima Kali, Refly Harun ke Jokowi: Tapi Tidak Ada Jaminan Dia Pemimpin Menjanjikan!

“Saya kira, Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi itu banyak melakukan banyak manuver. Termasuk juga misalnya, kerja-kerja sama ASEAN. Peran Jokowi menghentikan perang demi hadapi krisis ekonomi,” kata Prof Maasba Magassing melansir dari Republika.com, Senin (28/11/2022).

Prof. Maasba mengaku ia juga menyadari betul perjuangan Presiden Jokowi untuk kebaikan dunia tidak bisa dilakukan sendiri, namun harus ada dukungan dari pimpinan negara lainnya.

“Upaya sudah ada. Tetapi Jokowi juga membutuhkan dorongan dan dukungan. Apalah artinya kalau dia bersuara, tapi sambutan dari negara-negara yang juga sama dalam hal ini. Tetapi sebagai suatu imbauan, saya kira itu clear,”  katanya.

Mengenai penghargaan tersebut ia mengatakan hal ini diterima presiden karena dirinya telah berperan dalam urusan-urusan di dunia internasional.

Baca Juga: Sibuk Endorse Prabowo hingga Ganjar Pranowo, Sikap Jokowi Dikuliti Habis: Dia Menjatuhkan Wibawanya!

“Apresiasi yang diberikan kepada Presiden Jokowi saya kira itu sudah wajar dan sudah tepat dalam konteks Presiden Jokowi itu berperan untuk urusan-urusan luar negeri,” kata Prof Maasba Magassing.

Baca Juga: Untuk B100, Pengusaha Sawit: Minimal Butuh Pasokan CPO 36 Juta Ton Per Tahun

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: