Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tunjuk Yudo Margono sebagai Pengganti Andika Perkasa, Mensesneg: Presiden Memilih Calon dari...

Tunjuk Yudo Margono sebagai Pengganti Andika Perkasa, Mensesneg: Presiden Memilih Calon dari... Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyerahkan surat presiden (surpres) yang berisi nama pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiunnya pada Desember mendatang. Dalam surpres tersebut, nama yang ditunjuk sebagai pengganti Jenderal Andika Perkasa ialah Laksamana TNI Yudo Margono dari Angkatan Laut.

"Panglima TNI itu kan pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. Dalam hal ini, yang memenuhi syarat ya hanya tiga saja, apakah KSAU, KSAD, atau KSAL. Pak Presiden akhirnya memilih calon dari KSAL," kata Pratikno dalam konferensi persnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Puan Maharani Umumkan Nama Pengganti Andika Perkasa: Yang Menggantikan Adalah...

Berdasarkan surpres tersebut, Pratikno juga berharap lanjutan dari DPR terkait Panglima TNI baru bisa ditetapkan dan kembali diserahkan ke Presiden sebelum masa reses DPR. "Kami sangat-sangat harapkan bahwa surat dari DPR bisa diterima oleh Bapak Presiden dalam waktu secepatnya, tentu saja sebelum masa reses, masa sidang DPR ini berhenti," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengumumkan nama baru pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun di bulan Desember mendatang. Pengumuman nama pengganti tersebut dilakukan berdasarkan surpres yang diterimanya melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (28/11/22).

Puan menuturkan, calon pengganti Andika Perkasa ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo dan akan segera disahkan mekanisme yang berlaku di DPR. Dalam hal ini, Puan menyebut bahwa Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk sebagai pengganti Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

"Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk mengantikan panglima TNI Andika perkasa adalah Laksama TNI Yudo Margano. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini," kata Puan dalam konferensi persnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Gandeng Bank dan Multifinance, Penyaluran Pendanaan Modal Rakyat Sentuh Rp 5,1 Triliun

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: