Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

INDICO: Industri Telko Mampu Berikan Dukungan yang Dibutuhkan Untuk Keberlangsungan Startup

INDICO: Industri Telko Mampu Berikan Dukungan yang Dibutuhkan Untuk Keberlangsungan Startup Kredit Foto: INDICO
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah ketatnya persaingan dan tuntutan, dukungan dari ekosistem digital yang tepat memiliki peran yang krusial sebagai stimulus bagi startup di Indonesia untuk dapat bertumbuh. Salah satu industri yang dapat memberikan dukungan ini adalah telekomunikasi.

Dalam hal ini, INDICO sebagai anak perusahaan Telkomsel yang memiliki fokus pada pengembangan ekosistem digital menunjukkan optimismenya terhadap dukungan ekosistem digital dari industri telekomunikasi untuk mendorong bisnis startup saat ini.

Dalam upaya untuk mengoptimalkan ekosistem digital yang solid bagi startup, INDICO dalam rangkaian acara IDEAFEST 2022 menginsiasi diskusi di kalangan startup dan pelaku industri kreatif dengan mengusung tema "Redefining Digital Ecosystem in Education, Health, and Games Industry" menekankan pentingnya para pelaku startup untuk memformulasikan ekosistem digitalnya guna memastikan keberlangsungan.

Baca Juga: Startup Dagangan Salurkan 1.250 Sembako untuk Korban Gempa Cianjur

CEO INDICO, Andi Kristianto menyampaikan bahwa kondisi yang menantang pada saat ini semakin menuntut startup untuk dapat segera membuktikan bahwa bisnis mereka tengah menuju profitabilitas. Oleh karena itu, peran dari keberadaan ekosistem digital yang mendukung startup pun menjadi semakin krusial.

"Kami melihat, kematangan industri telekomunikasi selama puluhan tahun dapat memberikan dukungan ekosistem digital yang tepat dan membantu mereka dalam menavigasi bisnis. Sebagai salah pelaku industri telekomunikasi, Telkomsel telah berinovasi dalam 27 tahun terakhir, memiliki aset, dan kapabilitas yang akan berguna sebagai diferensiasi dalam pengembangan bisnis startup," tutur Andi seperti dikutip dalam sebuah media notes pada Selasa (29/11/2022).

Sesuai dengan konteks, aset dan kapabilitas industri telekomunikasi dapat mendorong terbentuknya ekosistem digital yang tepat untuk mengembangkan bisnis startup melalui cakupan jaringan koneksi yang luas. Andi menyampaikan, Telkomsel dengan jaringan terluas di Indonesia akan membantu startup dalam mengembangkan layanan berbasis digitalnya.

Selain itu, Telkomsel juga memiliki basis pengguna terbesar yang tersebar di berbagai wilayah yang tentu dapat membantu startup yang berada di fase early-stage untuk mengatasi tantangan akuisisi pengguna dengan menjadi starting market yang besar bagi startup untuk melakukan penetrasi pasar.

Untuk startup dapat bertahan, startup harus memiliki pemahaman karakteristik pasar secara granular. Dalam hal ini, kematangan industri telekomunikasi yang telah beroperasi selama puluhan tahun dengan cakupan jaringan terbesar dan basis pengguna terbanyak memungkinkan terciptanya pemahaman karakteristik pasar secara granular yang akan membantu startup dalam memahami kebutuhan pasar secara nyata dan membantu startup dalam menciptakan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara tepat dan efisien.

"Melalui dukungan kapabilitas industri telekomunikasi, kami optimis bahwa ekosistem yang dimiliki INDICO dapat menciptakan value yang signifikan bagi startup yang menjadi portofolio INDICO dalam menghadapi tantangan serta mampu membantu mereka dalam menghadirkan inovasi yang memberi dampak positif bagi masyarakat," pungkas Andi.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan ke-32

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: