Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Dukung MKI Sinergikan Para Pemangku Kepentingan Guna Percepat Transisi Energi

PLN Dukung MKI Sinergikan Para Pemangku Kepentingan Guna Percepat Transisi Energi Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN (Persero) terus menjalin kolaborasi dengan berbagai stakeholder di tanah air demi mendorong transisi energi. Bersama dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), PLN berkomitmen dalam mengimplementasikan peta jalan transisi energi mencapai Net Zero Emission pada 2060.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan ada dua poin khusus terkait energi yang disepakati para pemimpin negara dalam KTT G20, yaitu mempercepat dan memastikan transisi energi yang berkelanjutan, adil, terjangkau dan investasi yang inklusif.

Baca Juga: Perkuat Listrik Jakarta dan Banten, PLN Operasikan Dua SUTT Baru

"Peta jalan transisi energi telah disepakati menjadi panduan untuk mencari solusi mencapai stabilitas pasar energi. Mengambil momentum KTT G20 dan Hari Listrik Nasional, hendaknya menjadi motivasi kita semua untuk mendorong transisi energi," ungkapnya secara virtual dalam agenda Indonesia National Electricity Day 2022 pada Selasa (29/11).

Lebih lanjut, Arifin berharap sektor ketenagalistrikan di Indonesia bisa segera bertransformasi untuk menyediakan energi bersih yang andal, ramah lingkungan, dan menjangkau seluruh masyarakat di tanah air.

"Pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan efisiensi perlu terus didorong untuk menjaga ketahanan energi sekaligus mewujudkan kemandirian energi jangka panjang," tambahnya.

Ketua Umum MKI, Evy Haryadi mengatakan ada urgensi dalam mendiversifikasi sistem energi secara cepat untuk melakukan transisi energi. Untuk itu seluruh pihak perlu memanfaatkan sumber daya di dunia secara harmonis.

Baca Juga: Pengamat Sebut Mobilisasi Besar-Besaran Relawan Bisa Jadi Langkah Presiden Jokowi Coba ‘Tandingi’ Megawati

"MKI mengajak para pemangku kepentingan sektor energi untuk melakukan pendekatan less carbon melalui pengembangan EBT dan sumber daya fosil secara harmonis," ungkapnya.

Baca Juga: Pembangunan KEK Kura-Kura Bali Diharapkan Dapat Mendukung Quality Tourism di Bali

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: