Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkuat Listrik Jakarta dan Banten, PLN Operasikan Dua SUTT Baru

Perkuat Listrik Jakarta dan Banten, PLN Operasikan Dua SUTT Baru Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN (Persero) sukses merampungkan pembangunan dua infrastruktur ketenagalistrikan tegangan tinggi untuk mendukung laju pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Jakarta dan Banten.  

Hal ini ditandai dengan pemberian tegangan pada Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Teluk Naga II dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Teluk Naga II - Incomer (Teluk Naga - PLTU Lontar) yang berada di Kabupaten Tangerang.  

Pemberian tegangan (energize) berhasil dilangsungkan secara bertahap pada tanggal 7 November 2022 pukul 01.11 WIB pada GID 150 kV Teluknaga II. kemudian Sirkit 1 SUTT 150 kV Teluk Naga - Incomer (Teluk Naga - PLTU Lontar), dilanjutkan dengan energize sirkit 2 pada 15 November 2022.

Baca Juga: Kejar Target Aliri Listrik Daerah 3T, PLN Sebut Butuh Dana hingga Rp28 Triliun

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) Octavianus Padudung menjelaskan keberhasilan energize pada kedua proyek ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, karena sebelumnya pasokan listrik berasal dari trafo pada Gardu Induk Teluk Naga lama yang saat ini bebannya sudah over capacity. 

"Proyek ini hadir untuk menjawab kebutuhan listrik pada kawasan terpadu di PIK dan sekitarnya, seperti perumahan, apartemen, mal, dan fasilitas lainnya pada kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Dadap, Teluknaga dan sekitarnya," ujar Octavianus dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (29/11/2022). 

Octavianus mengatakan, GID Teluk Naga II ini dibangun di atas lahan Pantai Indah Kapuk 2, dengan menggunakan teknik spunpile dalam pembangunan pondasinya. Di dalam pembangunan proyek ini, PLN turut memperhitungkan aspek Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). 

“Pada proyek GID 150 kV Teluk Naga II, komponen TKDN mencapai 64 persen, sedangkan SUTT 150 kV Teluk Naga II - Inc. (Teluk Naga - PLTU Lontar) komponen TKDN-nya mencapai 96,7 persen,” ujarnya. 

Adapun pembangunan GID 150 kV Teluk Naga II yang berlokasi di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini merupakan GID kedua yang dibangun oleh PLN UIP JBB dengan menggunakan teknologi terbaru. 

Octavianus mengatakan, perbedaan Gardu Induk (GI) Konvensional dan GID ini terletak pada sistem kontrol switchyard serta penggunaan teknologi fiber optic untuk kontrol peralatan. 

Selain itu, di satu sisi dengan adanya sistem pengoperasian yang bersifat remote akan meningkatkan keamanan dari instalasi tersebut, serta mengurangi potensi kecelakaan kerja seperti sengatan listrik (electrical shock). Karena aspek kesehatan dan keamanan ketenagalistrikan bisa dikontrol dengan maksimal. 

Baca Juga: Nasib Apes Imigran Gelap Asal Pakistan, Ditipu Agen hingga Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: