Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Temui Wapres Ma'ruf Amin, UMKM Batik Papua Curhat Terkait Pembiayaan Mesin Pintal

Temui Wapres Ma'ruf Amin, UMKM Batik Papua Curhat Terkait Pembiayaan Mesin Pintal Kredit Foto: Setwapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau Pameran Produk Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas binaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), di Gedung Keuangan Negara, Jl. Ahmad Yani No. 8 Gurabesi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Selasa (29/11/2022).

Pada kesempatan ini, Wapres melihat langsung berbagai hasil karya para peserta program BLK Komunitas Kemenaker khususnya di wilayah Indonesia Timur, seperti garment apparel (teknik bordir) kaos, desain mode dan tekstil, teknik pengelasan (welding), serta berbagai macam produk olahan hasil pertanian dan perikanan.

Baca Juga: Bangun Kemandirian Pangan, Wapres Ma'ruf Amin Mendukung Pengembangan Komoditas Jagung

Tidak hanya produk BLK Komunitas Kemenaker, di lokasi ini Wapres juga meninjau pameran produk UMKM binaan Kementerian Keuangan berupa kopi dan siomay.

Selain itu, ada pula pameran produk UMKM Binaan Bank Indonesia berupa kue kering olahan sagu, serta beberapa produk UMKM Binaan Pemerintah Kota Jayapura seperti kerajinan Noken dan Batik Papua.

Saat meninjau stan pameran satu per satu, terlihat Wapres bertanya kepada para penggiat UMKM tersebut mengenai pangsa pasar dan kesulitan yang dihadapi dalam usahanya. Salah satunya kepada perajin Noken dan Batik Papua bernama John Whona.

“Apakah banyak tamu atau turis di sini yang membeli [Noken dan Batik Papua]?” tanya Wapres dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).

John Whona pun menjawab bahwa banyak pendatang yang membeli berbagai cinderamata khas Papua termasuk Noken dan Batik Papua.

Baca Juga: Gak Khawatir Dengar Anies Baswedan Dapat Dukungan Kaum Intoleran, Elite NasDem: Dia Inklusif...

“Kalau untuk penjualan, kita biasanya jualannya langsung kayak kita di sini ada Mama-Mama yang jualan Noken. Jadi mereka jualan langsung di pinggir jalan dan juga lewat galeri,” paparnya.

Baca Juga: Anies Mesti Batal Diusung NasDem Agar 'All Jokowi's Men' Terwujud?

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua