Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pamernya Putin Bikin Amerika Mingkem: Investasi Rusia di Kazakhstan USD17 Miliar

Pamernya Putin Bikin Amerika Mingkem: Investasi Rusia di Kazakhstan USD17 Miliar Kredit Foto: Reuters/TASS/Sergey Bobylev
Warta Ekonomi, Moskow -

Rusia adalah salah satu investor terbesar dalam perekonomian Kazakhstan dengan total volume investasi modal Rusia mencapai hampir $17 miliar, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (28/11/2022).

"Rusia telah dan tetap menjadi salah satu investor terbesar dalam ekonomi Kazakhstan. Volume total investasi modal Rusia hampir $17 miliar. Lebih dari 30 proyek investasi besar dilaksanakan bersama di semua sektor utama ekonomi, tanpa kecuali," kata Putin pada sesi pleno Forum Kerja Sama Antarwilayah ke-16 antara Rusia dan Kazakhstan, yang akan diadakan di Orenburg Rusia.

Baca Juga: Barat Jangan Ragu untuk Setop Permainkan Harga Minyak Rusia atau Terima Konsekuensi Serius Putin

Kunjungan luar negeri pertama Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev ke Rusia setelah pemilihannya kembali merupakan hal yang sangat penting dan menekankan sifat hubungan Rusia-Kazakhstan, tambah Putin.

"Kunjungan hari ini sangat penting. Ini adalah kunjungan pertama setelah pemilihan kembali Kassym-Jomart Kemelevich sebagai presiden Kazakhstan. Dalam pengertian ini, tentu saja, memiliki makna simbolis, yang menekankan sifat khusus dari hubungan kita. Kami menghargainya," kata Putin pada pertemuan dengan Tokayev di Moskow.

Tokayev menjabat sebagai presiden pada Sabtu (26/11/2022) setelah memenangkan pemilihan presiden awal pada 20 November.

Enam orang terdaftar sebagai calon presiden, termasuk kepala negara petahana, Tokayev. Dia memenangkan pemilihan dengan 81,31% suara. Total jumlah pemilih mencapai 69,44%.

Baca Juga: Meriahkan Bulan Bahasa Bali V, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: