Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trauma Korban Gempa Cianjur Belum Hilang, Posko LDP Kemensos Atasi dengan Gelar Kegiatan Ini!

Trauma Korban Gempa Cianjur Belum Hilang, Posko LDP Kemensos Atasi dengan Gelar Kegiatan Ini! Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sudah satu pekan lebih sejak bencana gempa bumi melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) lalu. Rasa cemas dan trauma masih belum sepenuhnya hilang dari memori para penyintas.

Gempa susulan yang masih sering terjadi membuat warga was-was. Untuk meminimalisasi rasa cemas yang dialami para penyintas, Kemensos memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

LDP merupakan salah satu arahan langsung Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kepada jajaran Kemensos yang bertugas di lapangan. LDP menyasar anak-anak, orang dewasa, dan lansia.

Baca Juga: Pemerintah Imbau Para Relawan Beri Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur via Posko Pusat

LDP diberikan oleh Sentra Rehabilitasi Sosial milik Kemensos yang ditugaskan di setiap titik pengungsian, seperti pengungsian di Lapangan Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang. Sentra Terpadu "Pangudi Luhur" (STPL) di Bekasi menjadi penanggung jawab untuk setiap aspek di titik ini.

"Kami menghibur, memberikan layanan dukungan psikososial bagi anak-anak penyintas bencana supaya mereka senang, mereka bisa melupakan rasa takut, rasa cemas yang mereka alami," kata petugas LDP dari STPL di Bekasi, Wisnu Permana, dalam keterangan pers Kemensos, Rabu (30/11/2022).

Wisnu mengatakan saat ini tim LDP masih berfokus untuk menghibur anak-anak dengan beragam permainan dan kegiatan menggambar serta mewarnai.

"Saat ini, anak-anak masih kami ajak melakukan hal-hal sederhana, bermain, menggambar dan mewarnai. Nanti, sambil berjalan, baru kita masukkan edukasi-edukasi di dalamnya," katanya.

Sentra tidak sendiri, Kemensos juga melibatkan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk turut serta melakukan penanganan pascabencana, termasuk pemberian LDP kepada penyintas, seperti yang dilakukan para relawan Tagana dari Provinsi Jawa Timur. Sejak tiba di Cianjur pada Rabu (23/11/2022), 18 personel (14 di dapur umum dan 4 di LDP) langsung melakukan tugas masing-masing.

Umar Faqeh, misalnya, anggota Tagana Jatim yang mendapat tugas di posko LDP Lapangan Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang ini, mengelaborasi rutinitas harian yang dilakukannya bersama anak-anak penyintas di tenda LDP.

"Untuk kegiatan LDP, setiap hari, kita awali dengan senam pagi di Lapangan Cariu. Senam pagi ini mayoritas diikuti anak-anak, ada juga sebagian ibu-ibu. Tujuannya, untuk peregangan, menguatkan fisik sebelum menjalani aktivitas selanjutnya," ucap Umar.

Setelah senam pagi, lanjut Umar, kegiatan beralih ke dalam tenda. Ia dan pilar-pilar sosial lainnya mengajak tidak kurang 78 anak-anak di rentang usia SD sampai SMA melakukan ragam permainan. Menurutnya, anak-anak tampak antusias.

Baca Juga: Rutinitas Posko LDP Kemensos Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur

"Sebelumnya, kita kasih waktu, nanti jam 8 ke sini (tenda), pembelajaran, menggambar dan mewarnai. Tapi, pagi ini, jam 7, setelah senam, mereka sudah berada di lokasi. Jadi, memang setiap hari ada perubahan-perubahan yang membaik," kata Umar.

Aktivitas LDP pada pagi hari, dikatakan Umar, diupayakan rampung menjelang tengah hari. Selanjutnya, anak-anak kembali ke tenda keluarga masing-masing untuk istirahat, sebelum mengikuti kegiatan pada sore hari yang bersifat religi.

"Sekarang, sedang kita istirahatkan. Nanti, kita mulai lagi jam 3 sore. Anak-anak kembali (ke tenda LDP) untuk melakukan kegiatan yang sifatnya religi, mulai dari salat Ashar berjamaah, mengaji, bersalawat, bercerita tentang Nabi, dan lain sebagainya, yang sifatnya tetap kereligian. Itu jam 3 sampe jam 5 sore maksimal," kata Umar saat dikonfirmasi usai mengisi LDP.

Baca Juga: Bidik 2 Juta Nasabah, BCA Digital Segera Luncurkan Fitur Pinjaman untuk Segmen Ritel

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: