Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Dinilai ‘Gunakan’ Relawan untuk Dukung Kemauannya Usung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024

Presiden Jokowi Dinilai ‘Gunakan’ Relawan untuk Dukung Kemauannya Usung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Acara Relawan Nusantara di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022), yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan puluhan ribu orang, menimbulkan spekulasi di masyarakat. 

Selain persoalan izin penggunaan GBK, pengamat menilai Jokowi berusaha menggunakan relawan untuk meyakinkan parpol agar mau memilih Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate, Ari Nurcahyo mengatakan, pertemuan Jokowi bersama seluruh elemen Relawan Nusantara untuk memanaskan mesin politik. 

Pasalnya, publik mengaitkan dengan izin penggunaan GBK yang sebelumnya dilarang untuk kegiatan politik, olahraga, dan konser musik. 

Baca Juga: Dari Soeharto Hingga SBY Santai Saja Saat Turun Jabatan, Rizal Ramli: Kok Jokowi Pre-mature Post Power Syndrome?

Masalah lain, penyalahgunaan Jalan Jenderal Sudirman yang dijadikan area parkir bus para relawan.

"Aktivitas Relawan Nusantara ini jelas kegiatan politik, karena itu pemerintah inkonsisten dalam soal perizinan terkait kebijakan izin GBK tersebut. Apalagi berimbas pada ketertiban umum terkait parkir kendaraan," kata Ari kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, seharusnya pihak panitia dan terutama Presiden Jokowi peka dan solider dengan kecemburuan publik terkait pemberian izin aktivitas Relawan Nusantara tersebut. 

Baca Juga: Menyelam Sambil Minum Air, Heru Budi Lakukan Penataan Jalur Hijau di Pluit dengan Sederet Tujuan Ini

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: