Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Walau Badai Menghadang, Industri Sawit Indonesia Akan Lebih Berjaya di Tahun 2045

Walau Badai Menghadang, Industri Sawit Indonesia Akan Lebih Berjaya di Tahun 2045 Kredit Foto: Antara/Makna Zaezar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sinergi begawan sawit dan pemerintah telah membawa industri sawit bisa maju dan berkembang. Meskipun pada awal perjalanannya ada perbedaan atau ketidaksepahaman, namun sejak membangun berbagai inisiatif untuk mengembangkan industri sawit bisa berkembang hingga saat ini. Hal ini disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian RI, Dr. Musdhalifah Machmud dalam Forum Sawit Indonesia (FoSI) yang diadakan INSTIPER Yogyakarta, pada Rabu (29 November 2022), di Grha Instiper – Yogyakarta.

“Maka, industri sawit pada 2045 harus lebih berjaya. Jangan berhenti dan patah semangat, Instiper harus mendukung dan mendorong industri sawit dari berbagai aspek. Kita tidak boleh berhenti mengembangkan industri sawit yang ada seperti saat ini. Industri sawit harus terus dikembangkan dan maju dengan berbagai tuntutan yang ada, seperti sustainable,” ujarnya.

Baca Juga: Gokil! Simak Nih Sederet Kontribusi Kelapa Sawit Buat Penerimaan Ekonomi Daerah

Lebih lanjut dikatakan Musdhalifah, saat ini, Indonesia sudah memiliki sertifikat keberlanjutan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), meskipun tak dapat dimungkiri belum berkembang dan dinamis. 

“Membangun sustainable bukan hanya untuk sawit tetapi untuk keseluruhan hidup agar berkelanjutan. Semuanya akan tetap berjalan, bahkan sawit bisa menjadi energi 100 persen. Semua kendaraan di Indonesia menggunakan BBM berbasis sawit, why not? Kami berharap industri sawit Indonesia pada 2045 akan tetap berjaya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Musdhalifah mengatakan bahwa generasi muda harus didorong untuk memahami potensi sawit dengan berbagai inovasi agar lebih maju dan berkembang sehingga sawit Indonesia tetap berjaya. 

Baca Juga: Sadar Gak Bisa Menguasai PDIP, Jokowi Dinilai Siap Melawan Megawati: Demi Mimpi Pribadinya...

“Kita tidak mau menghilangkan komoditas (sawit) yang saat ini dimiliki dengan beragam potensi yang ada dari sawit. Anak-anak muda pada 2045 harus bisa mewujudkan industri sawit jauh lebih baik dari apa yang sekarang dan telah berkontribusi pada perekonomian nasional,” tegasnya. 

Baca Juga: OJK dan LPS Atur Kriteria Peserta Asuransi yang bisa Masuk Penjaminan Polis

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: