Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Deklarasi NasDem Bikin Anies Makin Melejit Curi Suara Pemilih Prabowo, Indikator: Polanya Anies Naik Pak Prabowo Turun

Deklarasi NasDem Bikin Anies Makin Melejit Curi Suara Pemilih Prabowo, Indikator: Polanya Anies Naik Pak Prabowo Turun Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Survai Indikator Publik Indonesia melakukan survei simulasi kepada 33 nama semi terbuka. Hasilnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menduduki peringkat teratas jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Sebab, hanya Ganjar dan Anies yang mendapat dukungan melebihi 20 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Publik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan jauh sebelum deklarasi Nasdem ke Anies, publik sudah tertarik ke kompetisi antarkandidat. Terutama, soal elektabilitas calon presiden (capres) 2024.

Baca Juga: Heboh Izin Acara Anies di Daerah Dicabut, Simak Nih Jawaban Anak Buah Jokowi!

Masyarakat terus mengamati pergerakan elektoral kandidat dan partai-partai yang bersaing, khususnya yang menjadi pilihan mereka. Ia menilai, kompetisi semakin mengerucut, sengit dan menarik perhatian publik seiring kedatangan hari pemilu.

Mengingat jarak pemilu yang masih cukup lama, ia menuturkan, tokoh-tokoh yang mendapat dukungan publik sepanjang setahun terakhir belum berubah. Mereka yang menduduki posisi atas ada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Anies Baswedan Alami Sejumlah Kendala dalam Kunjungan ke Daerah, Sekjend NasDem: Ini kan Demokrasi...

Namun, deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem telah mengakhiri sikap bungkam parpol. Dalam berbagai jajak pendapat, Anies selalu menduduki posisi tiga besar, namun bukan pula tokoh yang terbilang menonjol.

"Ganjar Pranowo mendapatkan 25,9 persen, Anies Baswedan 23,6 persen, Pak Prabowo 16,1 persen, Ridwan Kamil 7,8 persen dan nama-nama lain di bawah lima persen," kata Burhanuddin, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Menyelam Sambil Minum Air, Heru Budi Lakukan Penataan Jalur Hijau di Pluit dengan Sederet Tujuan Ini

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: