Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nasdem Bisa Berbangga Diri, Elektabilitas Anies Baswedan Mampu Saingi Ganjar dan Berhasil Lampaui Prabowo

Nasdem Bisa Berbangga Diri, Elektabilitas Anies Baswedan Mampu Saingi Ganjar dan Berhasil Lampaui Prabowo Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Indikator menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan terus naik dan masuk posisi tiga besar elektabilitas tertinggi capres 2024 dalam berbagai simulasi. 

Anies disebut terus membayangi Ganjar Pranowo, bahkan telah melampaui perolehan elektabilitas Prabowo Subianto.

Menanggapi hal ini, Koordinator Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies), La Ode Basir menilai, sejak awal ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta itu memang memiliki basis kinerja. 

Baca Juga: Banyak yang Takut? Jadi Capres Aja Juga Belum Tapi Anies Baswedan Sudah Dihadang Sana-sini, Refly Harun Heran: Dia Masih Dielus-elus!

Dari basis kinerja itu, relawan-relawan Anies terus tumbuh berkembang. Relawan Anies disebut juga tumbuh secara spontanitas, partisipatif dan bergerak secara mandiri. 

Hal ini yang La Ode lihat memiliki dampak terhadap naiknya elektabilitas Anies Baswedan. Terlebih, ditambah deklarasi dari Nasdem.

Menurutnya, setelah deklarasi Nasdem, ada dampak besar karena seakan menyolidkan relawan yang tadi geraknya masih belum maksimal, menambah kecepatan kerja dari relawan. Menariknya, ternyata di Anies sudah ada tim kecil gabungan tiga partai politik.

"Mereka intensif melakukan pembicaraan, membangun kerja sama, kesolidan antar pendukung Anies Baswedan, ini menambah gairah terus," kata La Ode, Kamis (1/12/2022).

Ia merasa, hasil akan sangat berbeda ketika tiga atau enam bulan ke depan lagi dilakukan survei serupa. Sebab, antara partai dan relawan, pendukung, simpatisan semua simbiosis mutualisme. Mereka yang bukan kader jadi solid karena deklarasi.

Baca Juga: Loyalis Anies 'Dikeroyok' Usai Sebut SBY Dipecat Bu Mega Saat Jadi Menteri, Gerindra Nyamber: Jangan Sampai Demokrat Marah Bang

Ibarat penumpang yang menunggu bus di halte, lanjut La Ode, jumlahnya sangat banyak. Tentu, diharapkan bus cepat datang sebagai penumpang yang kepanasan di halte. Kini, sudah ada bus merapat, Nasdem, tapi belum memuat semua penumpang.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pilih Relakan Utang Anies Rp50 Miliar, Denny Siregar Ungkap Pengalaman Pahit Punya Teman Seperti Anies

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: