Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Dapur Kreasi, Kemensos Siap Pulihkan Ekonomi Korban Gempa Bumi Cianjur

Lewat Dapur Kreasi, Kemensos Siap Pulihkan Ekonomi Korban Gempa Bumi Cianjur Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak hanya berfokus untuk memenuhi kebutuhan korban Gempa Bumi Cianjur selama di pengungsian, lewat 'Dapur Kreasi' Kementerian Sosial (Kemensos) juga berfokus untuk memulihkan ekonomi warga terdampak. Dapur kreasi sendiri dikelola oleh ibu-ibu yang berjumlah 10 orang.

Mereka menjajakan aneka makanan ringan, minuman serta gorengan.

Baca Juga: Trauma Korban Gempa Cianjur Belum Hilang, Posko LDP Kemensos Atasi dengan Gelar Kegiatan Ini!

Sebelumnya, pada ibu-ibu mendapatkan pelatihan memasak dari relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di lokasi pengungsian. Saat ini dalam satu hari, mereka mendapat omset yang mencapai Rp1,5 juta.

Relawan Tagana Provinsi Jawa Timur, Twi Adi sekaligus pendamping pelaksanaan Dapur Kreasi menuturkan, setelah Dapur Kreasi ini terbentuk dan diketahui bahwa kegiatan ini cukup menghasilkan, banyak dari mereka, para penyintas lainnya, mengajukan diri untuk ikut serta dalam kegiatan Dapur Kreasi.

"Untuk sementara, sudah lumayan banyak yang daftar (untuk mengikuti Dapur Kreasi). Bahkan, mereka bervariasi jenis jualannya, ada yang mau jualan martabak, ada yang mau jualan seblak, ada juga yang mau buka jasa pijat,” kata Twi dalam keterangan Kemensos, Jumat (2/12/2022).

Sementara itu, target pasar Dapur Kreasi, dikatakan Twi, menyasar para relawan atau masyarakat umum, yang kebetulan singgah di lokasi pengungsian. “Kami arahkan relawan, atau kalau ada masyarakat, yang mungkin sedang singgah untuk menjenguk keluarga mereka di pengungsian, kita arahkan juga mereka ke dapur kreasi untuk membeli produk ibu-ibu ini,” ucapnya.

Baca Juga: Rutinitas Posko LDP Kemensos Atasi Kecemasan Penyintas Gempa Cianjur

Untuk menarik minat dan memanjakan para calon pembeli, lanjutnya, pihaknya juga menyediakan sarana dan prasarana pendukung di area Dapur Kreasi. “Kami juga sudah menyediakan tempat duduk, ada lima set meja dan kursi, serta satu tenda kerucut dilengkapi fasilitas kelistrikan untuk keperluan charge alat elektronik, hp atau laptop, bagi pembeli. Termasuk, lampu-lampu café dengan view gunung dan tenda-tenda merah putih penyintas yang cantik untuk swafoto,” katanya menambahkan.

Baca Juga: BTN Pastikan Dana Rights Issue Digunakan Untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Masyarakat

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: