Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diumumkan Anwar Ibrahim, Kini Malaysia Punya 2 Wakil Perdana Menteri Pertama dalam Sejarah

Diumumkan Anwar Ibrahim, Kini Malaysia Punya 2 Wakil Perdana Menteri Pertama dalam Sejarah Kredit Foto: Reuters/Mohd Rasfan
Warta Ekonomi, Kuala Lumpur -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan menunjuk dua wakil PM dalam kabinetnya, Jumat (2/12/2022).

Dua wakil PM terpilih itu adalah Ketua Barisan Nasional (BN) Dr Ahmad Zahid Hamidi yang merangkap Menteri Pembangunan Daerah & Pedesaan.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Hadapi Kelangkaan Telur di Malaysia, Indonesia Bisa Kena Dampaknya?

Serta Wakil Presiden Senior Partai Pesaka Bumiputera Bersatu (PBB) Fadillah Yusof, yang mewakili Gabungan Parti Sarawak (GPS). Fadillah juga diamanati Menteri Perkebunan dan Komoditi.

Total anggota Kabinet Anwar Ibrahim yang berjumlah 28 orang ini, akan diambil sumpah pada Sabtu (3/12/2022) pukul 3 sore waktu setempat.

Empat belas orang memulai debutnya sebagai menteri, termasuk Wakil Presiden PKR Rafizi Ramli sebagai Menteri Perekonomian, Wakil Presiden PKR Nik Nazmi Nik Ahmad sebagai Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim. Serta Wakil Presiden PKR Chang Lih Kang sebagai Menteri Sains dan Teknologi.

Kabinet Anwar lebih singset dibanding kabinet Ismail Sabri, yang beranggotakan 31 menteri dan 38 wakil menteri. Atau kabinet Muhyiddin Yassin, yang terdiri dari 32 menteri dan 38 wakil menteri.

Pekan lalu, Anwar mengatakan, pengangkatan menteri dalam kabinetnya tidak boleh dilihat sebagai "hadiah" bagi politisi yang mendukungnya, untuk memimpin pemerintah persatuan.

Baca Juga: Heru Tuduh Warga Pendatang DKI Bebani APBD, Pengamat Tegas: Rakyat Jadi Beban Itu Wajar, yang Tidak Wajar Pemerintah Jadi Beban Rakyat!

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: