Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tok! Anwar Ibrahim Umumkan 29 Nama Menteri Kabinetnya, Menteri Keuangan Dirangkap

Tok! Anwar Ibrahim Umumkan 29 Nama Menteri Kabinetnya, Menteri Keuangan Dirangkap Kredit Foto: Reuters/Departemen Penerangan Malaysia/Wazari Wazir
Warta Ekonomi, Kuala Lumpur -

Susunan kabinet baru di Malaysia telah diumumkan Perdana Menteri Anwar Ibrahim pada Jumat (2/11/2022) petang waktu setempat. Dalam kabinet yang hanya terdiri dari 28 menteri, Anwar rangkap jabatan menjadi Menteri Keuangan. 

Ini tentu lebih ramping dibanding kabinet Ismail Sabri Yaakob, yang beranggotakan 31 menteri dan 38 wakil menteri. Atau kabinet Muhyiddin Yassin, yang terdiri dari 32 menteri dan 38 wakil menteri.

Baca Juga: Anwar Ibrahim Hadapi Kelangkaan Telur di Malaysia, Indonesia Bisa Kena Dampaknya?

Namun, untuk pertama kalinya dalam sejarah Malaysia, perdana menteri memiliki dua wakil. Anwar menunjuk Ketua Koalisi Barisan Nasional yang juga Ketua Organisasi Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO) Ahmad Zahid Hamidi --yang menghadapi puluhan tuduhan korupsi-- dan Ketua Koalisi Gabungan Partai Sarawak (GPS) yang juga mantan Menteri Tenaga Kerja Fadillah Yusof.

Komposisi kabinet didistribusikan di antara para pemimpin tertinggi koalisi yang membentuk pemerintah persatuan, yaitu Pakatan Harapan (PH), Barisan Nasional (BN), Gabungan Parti Sarawak (GPS) dan Gabungan Rakyat Sabah (GRS). 

The Straits Times menyebut, PH yang memiliki blok anggota parlemen terbesar, mengambil bagian terbesar dari penunjukan dengan 15 menteri, termasuk dalam portofolio utama. Seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Urusan Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan.

Sekretaris Jenderal Partai Aksi Demokratik (DAP) Anthony Loke kembali ke pos Kementerian Transportasi, portofolio yang dipegangnya di bawah pemerintahan PH sebelumnya.

Sementara BN yang menyumbang 30 anggota DPR, dijatah enam kementerian. Antara lain di Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan Reformasi Kelembagaan, serta Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional.

Pekan lalu, Anwar mengatakan, pengangkatan menteri dalam kabinetnya tidak boleh dilihat sebagai "hadiah" bagi politisi yang mendukungnya, untuk memimpin pemerintah persatuan.

Dia juga telah berjanji untuk mengurangi ukuran kabinetnya, dibanding dua pendahulunya: Ismail Sabri Yaakob dan Muhyiddin Yassin. 

Berikut sejumlah nama yang menempati posisi menteri dalam kabinet Anwar Ibrahim, seperti dilansir Bernama, Jumat (2/12).

1. Perdana Menteri/Menteri Keuangan: Anwar Ibrahim

2. Wakil Perdana Menteri/Menteri Pembangunan Desa: Ahmad Zahid Hamidi

3. Wakil Perdana Menteri/Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas: Fadillah Yusof

4. Menteri Transportasi: Loke Siew Fook

5. Menteri Pertanian dan Keamanan Pangan: Mohamad Sabu

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: