Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah Dipastikan! PDIP Akan Jadikan Sosok Ini Capres di Pilpres 2024: Gak Jauh-Jauh dari....

Sudah Dipastikan! PDIP Akan Jadikan Sosok Ini Capres di Pilpres 2024: Gak Jauh-Jauh dari.... Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Calon presiden yang akan diusung PDIP dinilai tak akan keluar dari kader partai berlogo banteng itu. Hal demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, yang mengungkapkan bahwa PDIP akan memilih antara Ketua DPR RI Puan Maharani atau Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres untuk pilpres 2024.

"Yang pasti akan di antara mereka berdua, agak aneh kalau partai terbesar Pemilu 2019 dan surveinya masih tinggi, kemudian memajukan calon di luar kadernya," ucap Yunarto di Hotel The Ritz-Carlton, Jakarta Pusat, Rabu (30/11).

Baca Juga: Jokowi Bisa Tersudut! Gara-gara Ini, Rocky Gerung Sebut Kemungkinan Megawati dan PDIP Usung Anies Baswedan, Siap-siap Aja!

Yunarto menerangkan pertarungan kini tinggal menyisakan Puan atau Ganjar saja. Dia menilai kelebihan dari masing-masing keduanya akan menentukan pencalonan. Dia juga berpendapat ketika memajukan Ganjar otomatis akan ada 2 kemungkinan yang akan didapatkan PDIP.

"Satu, konsolidasi partai terjadi. Kedua, paling penting mengangkat suara dari partainya yang dikenal dengan efek ekor jas," ungkapnya.

Sementara itu, Puan Maharani juga berpotensi dipilih karena adanya faktor emosional yang kebanyakan dikenal sebagai perwakilan Bung Karno.

Di sisi lain, dia menilai soal pencalonan capres kemungkinan PDIP tak akan memaksakan Puan meski Ketua DPR RI itu sebagai penerus trah Bung Karno. Namun, dia berpikir keturunan Bung Karno hanya berlaku terkait kepemimpinan di PDIP bukan soal capres.

"Faktanya, pada 2014, Megawati Soekarnoputri juga pernah menyerahkan status capres kepada Jokowi, terbukti memenangkan PDIP dan pilpres dia kali berturut-turut," kata Yunarto.

Baca Juga: Menyelam Sambil Minum Air, Heru Budi Lakukan Penataan Jalur Hijau di Pluit dengan Sederet Tujuan Ini

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan GenPI.

Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: