Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Melawan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan Dinilai Tak Akan Berani Tolak Dukungan Kubu Habib Rizieq

Demi Melawan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan Dinilai Tak Akan Berani Tolak Dukungan Kubu Habib Rizieq Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, A Luhur Prianto menyoroti kedekatan Anies Baswedan dengan Habib Rizieq jelang Pilpres 2024.

Keduanya diketahui sering dikaitkan antara satu sama lain perihal gaya perpolitikan serta suara dukungan dalam pesta demokrasi.

Baca Juga: Anies Baswedan Sudah ‘Dijegal’ di Aceh, Kali Ini Kantor Nasdem yang Dilempari Telur Busuk

Menurut Luhur, persepsi kedekatan tersebut membuat mantan menteri pendidikan itu dalam posisi yang sebar salah dalam menggaet suara dukungan.

"Meskipun saya rasa itu berbasis syariah, tapi kemudian masyarakat kita masih lebih senang dengan kesopanan dan tindakan-tindakan yang lebih menunjukkan penghargaan terhadap keberagaman. Kalau dengan demikian (keras), maka kemungkinan Anies akan ditinggalkan oleh kelompok-kelompok Islam moderat," kata Ali, Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, Anies tentu tidak berani secara langsung meninggalkan kelompok fundamentalis yang jelas-jelas berpengaruh buruk terhadap elektabilitasnya.

Dengan melakukan itu, dan berpindah ke kelompok Islam moderat, Anies juga belum tentu mendapatkan dukungan yang solid dan loyal oleh kelompok-kelompok fundamental.

"Jadi saya rasa memang ini sebuah keputusan yang sulit dan serba salah dan harus dicarikan jalan tengah bagi Anies untuk memperluas jangkauan politiknya," tuturnya.

Baca Juga: Semakin Banyak Hoaks Tertuju ke Anies Baswedan, John Sitorus ke Nasdem: Nah, Repot Sendiri kan!

Sebenarnya, kata Luhur, pada Pilpres 2024, pembelahan sosial seperti Pilpres 2019 bisa saja tidak kembali berulang.

Baca Juga: Konser Dewa 19 Sukses Meriahkan JIS, Anies Dipuji: Makin Banyak yang Mengakui Keberhasilan..

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: