Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Acara Digelar Tertutup, Heru Budi Rombak Jajaran Pemprov DKI, Hasilnya Sekda Marullah Dicopot!

Acara Digelar Tertutup, Heru Budi Rombak Jajaran Pemprov DKI, Hasilnya Sekda Marullah Dicopot! Kredit Foto: Instagram/Heru Budi Hartono
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan perombakan pada jajaran pemerintahannya. Kali ini, ia mencopot Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali.

Pencopotan terhadap Marullah ini diketahui setelah Heru melakukan acara pelantikan pejabat di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (2/12/2022). Namun, acara ini digelar secara tertutup dan wartawan tak boleh meliput.

Pencopotan terhadap Marullah ini dikonfirmasi oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi yang juga hadir ke acara pelantikan tersebut. Ia menyebut pencopotan dilakukan karena Marullah dilantik sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Budaya.

Baca Juga: Kenaikan UMP DKI Jakarta Masih Rendah, Pengamat Pertanyakan Kinerja Heru Budi Hartono

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur, Pj Gubernur itu saja, secara internal," ujar Prasetio di lokasi, Jumat (2/12/2022).

Posisi Sekda yang kosong disebut Prasetio diisi Penjabat Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat, Uus Kuswanto. Selanjutnya, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan menjalankan proses pemilihan terbuka untuk posisi Sekda definitif.

"Dari pemerintah. Kalau Sekda kan sudah ditangani pemrintah pusat ya. Asesmen baru lagi," ucapnya.

Politisi PDIP ini memprediksi nantinya Sekda baru berasal dari luar lingkungan Pemprov DKI. Pejabat eselon satu dari daerah lain atau Kementerian juga bisa ikut seleksi.

"Kalau kelihatan dari saya ya, feelling saya dari luar. Bukan dari dalam, Sekda-nya ya," pungkasnya.

Marullah sendiri resmi menjabat sebagai Sekda DKI setelah dilantik eks Gubernur Anies Baswedan pada 18 Januari 2022 lalu. Ia terpilih setelah melewati proses seleksi terbuka di BKN.

Baca Juga: KORPRI Kabupaten Badung Bersihkan Pantai Jerman, Kumpulkan 26 Ton Sampah Pantai

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: