Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belarusia Mau Gabung SCO, Dukungan Iran Luar Biasa Hebat karena...

Belarusia Mau Gabung SCO, Dukungan Iran Luar Biasa Hebat karena... Kredit Foto: Reuters/Morteza Nikoubazl
Warta Ekonomi, Teheran -

Iran mendukung niat Belarus untuk menjadi anggota penuh Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), kata Duta Besar Iran untuk Minsk Saeed Yari.

"SCO adalah pemain yang sangat penting dalam ekonomi, politik, dan keamanan di kawasan kami. Negara-negara seperti China, India, Rusia, Iran, Pakistan dapat melawan kolektif Barat ke segala arah. Kami tahu bahwa Belarus telah memulai prosedur untuk bergabung organisasi ini, dan kami, tentu saja, mendukung ini. Kami adalah negara sahabat dan harus menggunakan kesempatan ini untuk menghadapi Eropa dan Amerika," kata Yari pada hari Minggu di TV ONT Belarusia.

Baca Juga: Awas, Presiden Belarusia Kuak Strategi Militer Teranyar dengan Rusia

Dia mengatakan bahwa hubungan antara Belarusia dan Iran saat ini berada pada tingkat puncaknya dan menunjukkan perlunya Minsk dan Teheran untuk saling mendukung di arena internasional dan melawan sanksi dan langkah-langkah diskriminatif lainnya dari Barat.

Duta Besar Iran mengenang bahwa negaranya telah berada di bawah sanksi Barat selama lebih dari 40 tahun, tetapi pada periode itulah Iran "menjadi lebih kuat, kami dapat mencapai hasil yang sangat baik dalam energi nuklir, nanoteknologi, penelitian sel punca, dan bahkan luar angkasa. "

SCO adalah organisasi internasional yang didirikan oleh Rusia, China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan pada tahun 2001. Pada tahun 2017, India dan Pakistan juga masuk ke dalam organisasi tersebut.

Pada bulan November, parlemen Iran memberikan suara untuk mendukung keanggotaan Republik Islam di SCO. Iran telah menjadi pengamat di organisasi tersebut, bersama dengan Belarusia, Afghanistan, dan Mongolia.

Pada KTT SCO pada bulan September, Belarus menandatangani dokumen yang memulai proses penerimaannya. Pada 26 September, Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei mengungkapkan harapannya bahwa Belarusia akan menjadi anggota penuh SCO pada akhir tahun 2023.

Baca Juga: BTN Pastikan Dana Rights Issue Digunakan Untuk Penuhi Kebutuhan Rumah Masyarakat

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: