Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PAN Terang-terangan Dukung Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Airlangga Hartarto Beneran Ditinggal?

PAN Terang-terangan Dukung Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Airlangga Hartarto Beneran Ditinggal? Kredit Foto: Kementeran BUMN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meski tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PPP, Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang mulai melirik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai peluang diusung menjadi capres dan cawapres pada Pilpres 2024. 

Bahkan di acara peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang, Ketua umum PAN Zulkifli Hasan terang-terangan menyebut Ganjar dan Erick pantas diusung PAN menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Elektabilitas Ganjar sebagai capres dalam beberapa survei berada di papan atas. Hasil terbaru dari Indikator Politik Indonesia masih menempatkan kader PDI Perjuangan ini berada di 33,9 persen. 

Baca Juga: Relawan Diminta Tak Terpancing Demo Tolak Anies Baswedan: Jangan Reaktif!

Elektabilitas Erick Thohir juga terus merangkak naik cawapres, bahkan Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas Erick di periode November 2022 ini naik cukup signifikan menjadi 9,6 persen.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan menilai langkah PAN yang mulai menyatakan Ganjar dan Erick pantas diusung sebagai capres dan cawapres merupakan langkah yang sangat rasional. 

Baca Juga: PDIP Yakin 'Ubanan dan Muka Berkerut' Bukan Upaya Jokowi Menekan untuk Usung Ganjar Pranowo: Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri yang Akan…

Sebab dari beberapa survei politik yang dilakukan oleh lembaga survei yang memiliki kredibilitas tinggi, kedua tokoh tersebut selalu berada di posisi puncak elektabilitas.

"PAN sangat rasional memilih mereka sebagai capres dan cawapres 2024. Semua yang dilakukan oleh PAN berdasarkan basis data yang sangat akurat dari lembaga survey terpercaya di Indonesia. Sehingga apa yang disampaikan PAN ada nalar dan justifikasi berdasarkan basis datanya. Bukan asal-asalan," kata Hotman.

Berdasarkan simulasi dari berbagai lembaga survei politik yang ada, kata dia, calon pasangan capres dan cawapres, Ganjar-Erick merupakan kandidat yang terkuat untuk disung di 2024. 

Hotman menduga pasangan Ganjar Erick ini sangat diminati oleh masyarakat lantaran kombinasi yang sangat pas.

Ganjar merupakan representasi politisi yang sangat piawai di Indonesia. Sedangkan Erick dinilai Hotman memiliki kinerja yang luar biasa di BUMN. Berbagai permasalahan yang pelik dapat diselesaikan dengan baik oleh Erick. 

Baca Juga: Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT ST Widya Dharma ke-44

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: