Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Amartha Salurkan Rp1,7 Triliun untuk Modal UMKM Sumatera

Amartha Salurkan Rp1,7 Triliun untuk Modal UMKM Sumatera Ibu-ibu | Kredit Foto: Amartha
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) telah menyalurkan lebih dari Rp1,7 triliun untuk permodalan bagi UMKM di wilayah Sumatra. Penyaluran ini tumbuh dua kali lipat secara tahunan (year-on-year/yoy) bila dibandingkan capaian 2021 yang mencetak angka Rp800 miliar.

Perusahaan melaporkan lebih dari 337.000 mitra pelaku usaha mikro di wilayah Sumatra telah menerima permodalan dari Amartha. Adapun sepertiganya berada di Sumatra Barat.

Sektor yang paling banyak menerima permodalan adalah sektor perdagangan, porsinya mencapai lebih dari 60%. Kemudian disusul dengan sektor lainnya seperti pertanian, industri rumah tangga, dan sektor kerajinan.

Baca Juga: Koperasi dan UMKM Diharapkan Cermat Manfaatkan Peluang Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri

Tak hanya memberikan permodalan, Amartha juga mendigitalisasi lebih dari 50.000 UMKM khusus wilayah Sumatra Barat melalui aplikasi Amartha+. Dengan aplikasi ini, mitra UMKM binaan Amartha dapat memperluas layanannya, seperti layanan pembayaran tagihan rumah tangga, layanan pembelian pulsa dan voucher online, hingga pembayaran angsuran secara digital.

Dengan begitu, mitra UMKM dapat memperoleh pendapatan lebih besar dan memberikan akses layanan belanja digital di pedesaan.

Jumlah transaksi di aplikasi Amartha+ juga menunjukan tren yang terus bertumbuh. Hingga Oktober 2022, transaksi di aplikasi Amartha+ tahun ini mencapai lebih dari 55 miliar rupiah di wilayah Sumatera.

Beberapa fitur yang menjadi kontributor transaksi tertinggi di aplikasi Amartha+ adalah fitur pembayaran angsuran mingguan dari mitra UMKM dan layanan pembelian digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan lain-lain.

Untuk mendukung percepatan adopsi digital di kalangan UMKM, Amartha mengerahkan lebih dari 5.000 tenaga lapangan yang tersebar di seluruh wilayah operasional Amartha untuk memberikan edukasi literasi digital.

Khusus di wilayah Sumatera Barat, Amartha mengadakan program #AyoPakeAmartha+, yang memberikan sosialisasi penggunaan Amartha+ di daerah Payakumbuh dan sekitarnya. Digitalisasi UMKM sejalan dengan visi Amartha yakni menghadirkan kesejahteraan yang merata, karena lewat digitalisasi UMKM dapat mengembangkan skala usahanya dan menjadi lebih sejahtera.

"Melihat jumlah mitra di wilayah Sumatera yang masih terus bertambah, upaya Amartha untuk mendigitalisasi UMKM masih akan terus berlanjut," kata Aditya Pratomo, Senior Business Development Lead Amartha, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (7/12/2022).

Dia menambahkan digitalisasi UMKM membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat terakselerasi.

"Untuk itu, Amartha membuka peluang bekerja sama baik dengan perbankan, ecommerce, maupun pemerintahan setempat untuk bersama-sama mendukung akselerasi digitalisasi bagi UMKM Indonesia," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: