Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kejar Realisasi Investasi, Anak Buah Luhut Yakin Target Jokowi Segera Terpenuhi!

Kejar Realisasi Investasi, Anak Buah Luhut Yakin Target Jokowi Segera Terpenuhi! Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto bicara soal target realisasi investasi, yang akan terus dikejar hingga akhir tahun 2022.

Seto memaparkan total realisasi investasi sepanjang 2022, sejauh ini mencapai Rp892,4 triliun atau 74% dari target Rp1.200 triliun yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

"Kami sih cukup optimis seharusnya ini bisa dicapai di akhir 2022 karena dari pipeline investasi yang ada dan dari realisasi investasi yang ada harusnya ini bisa dikejar," ungkap Seto, dalam Forum Kemitraan Investasi 2022, di Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Seto menyebut, realisasi investasi Indonesia pada triwulan III tahun 2022, sebagian besar berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA), yakni sebesar Rp168,89 Triliun. 

Sedangkan, realisasi penanaman modal yang berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp138,9 Triliun.

"Apa yang dicapai Indonesia dalam 5 tahun terakhir ini, kita berhasil menarik penanaman modal asing lebih dari USD100 miliar dolar (atau sekitar Rp1,563 triliun dalam kurs Rp15.600/US$)," papar Seto.

Menurut Seto, ini adalah sebuah prestasi yang perlu dibanggakan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN, selain Singapura, angkanya jauh lebih besar.

Lebih lanjut, Seto juga menyampaikan strategi yang ditempuh atas pencapaian menarik penanaman modal asing tersebut, yakni dengan mendorong hilirisasi.

"Tapi kita tidak berfokus kepada proyek by proyek. jadi apa yang kita harapkan adalah kita bisa membentuk satu ekosistem industri yang kuat ekosistem industri yang baik," tandasnya.

Baca Juga: Ikuti Gaya Anies, Heru Budi Beri Nama Anak Jerapah dan Gajah

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: