Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanggulangi Krisis Ekonomi Dunia, Kemenkeu Soroti Krusialnya Kebijakan Fiskal

Tanggulangi Krisis Ekonomi Dunia, Kemenkeu Soroti Krusialnya Kebijakan Fiskal Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan komitmen Kemenkeu dalam memperkuat perumusan kebijakan ekonomi menuju pemulihan ekonomi Indonesia dan dunia.

Menurut Wamenkeu Suahasil, pemulihan ekonomi memerlukan dukungan dan arah kebijakan yang dapat mengurangi tekanan fiskal, sekaligus kesiapan ruang fiskal untuk menghadapi krisis, guncangan, dan bencana di masa depan.

Baca Juga: Outstanding Piutang Negara Sudah Lunas Rp77,14 Miliar, Kemenkeu: Ini Berkat Crash Program!

"Kekhawatiran terhadap peningkatan beban utang publik di negara berpenghasilan rendah dan berkembang pun menjadi pendorong percepatan rencana konsolidasi fiskal dalam rangka menjaga kesinambungan fiskal," katanya pada agenda AIEFED ke-11, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (7/12/2022).

Pemerintah, dalam hal ini Kemenkeu menyebut akan terus memperkuat arah konsolidasi fiskal. Salah satunya, dengan menekan kembali angka defisit APBN di bawah 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Termasuk melalui reformasi fiskal di tengah tren kenaikan harga komoditas global.

"Di samping itu, berbagai upaya untuk menumbuhkan perekonomian secara lebih kuat dan inklusif terus dilakukan. Sehingga, dapat mewujudkan kesinambungan fiskal dan meningkatkan potensi perekonomian Indonesia," katanya.

Selain itu, Kemenkeu menyebut pigaknya akan melakukan penguatan kembali sisi suplai, dengan peningkatan produktivitas dan transformasi ekonomi, melalui penguatan sektor
manufaktur, pengembangan ekonomi digital, dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Ekonom Amerika Serikat Alan Auerbach menambahkan, dalam menghadapi siklus perekonomian yang fluktuatif, perlu ada desain kebijakan fiskal yang fleksibel. Namun, juga harus mampu menunjukkan kredibilitas kebijakan fiskal, katanya.

Baca Juga: Lupa Sama Prabowo, Anies Baswedan Dikuliti Gegara Maju Bareng NasDem: Harusnya Terima Kasih Dulu...

"Beberapa kebijakan fiskal seperti perlindungan sosial dan kebijakan perpajakan yang tepat dapat menghasilkan pendapatan yang sesuai kebutuhan. Sehingga, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan sekaligus mampu menjaga keberlanjutan fiskal," pungkas Auerbach.

Baca Juga: Loyalis Anies Bocorkan Apa yang Dilakukan Heru di DKI: Ada yang Beritahu Saya, Semua Orang Anies Dihabisi

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: