Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ke Mana Larinya Suara Pemilih Jokowi di 2019? Ganjar atau Prabowo? Begini Hasil Survei LSJ

Ke Mana Larinya Suara Pemilih Jokowi di 2019? Ganjar atau Prabowo? Begini Hasil Survei LSJ Kredit Foto: Detik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 ternyata lebih banyak mengarahkan dukungan kepada Menhan RI, Prabowo Subianto. Hal itu diketahui dari survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Awalnya, LSJ menggelar survei soal sosok yang dipilih pada Pilpres 2019. Hasilnya, sebanyak 49,1 persen responden mengaku memilih Jokowi; 42,8 persen responden memilih Prabowo; dan sisanya 7,9 persen menyatakan bahwa pada Pilpres 2019 mereka belum punya hak pilih.

Baca Juga: Proyek Kebanggaan Jokowi 'IKN' Mulai Berantakan, Pedas! Begini Komentar Rocky Gerung

Kemudian, LSJ melakukan analisis secara cross-tabulation untuk mengetahui arah suara pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 untuk Pilpres 2024. Hasilnya, LSJ mendapati sebanyak 34,2 persen pendukung Jokowi mengaku akan memilih Prabowo pada Pilpres 2024.

"Sebanyak 32,4 persen mengarahkan pilihannya kepada Ganjar dan 14,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan," kata peneliti senior LSJ Iqbal Mawardi dalam keterangan persnya, Rabu (7/12).

Menurut Iqbal, sisanya dari pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 menjatuhkan dukungan kepada tokoh-tokoh lain dan sebagian dari mereka belum bisa menentukan pilihan pada Pilpres 2024. LSJ dalam temuan teranyar juga membuat simulasi head to head Prabowo-Ganjar melawan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hasilnya, kata Iqbal, sebanyak 46,8 persen responden mengaku akan memilih Prabowo-Ganjar. "Selanjutnya, 31,2 persen menjatuhkan pilihan pada Anies-AHY dan sebanyak 22 persen belum bisa menentukan pilihan," ujar dia.

Baca Juga: Perkuat Sektor Keuangan, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan JPNN.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: