Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bantu Pemulihan Pascagempa Cianjur, BRI Peduli Terus Layani Masyarakat Terdampak

Bantu Pemulihan Pascagempa Cianjur, BRI Peduli Terus Layani Masyarakat Terdampak Kredit Foto: BRI
Warta Ekonomi, Cianjur -

Warga Kabupaten Cianjur kini tengah dalam fase pemulihan pasca bencana gempa bumi bermagnitudo 5,4 pada Senin (21/11/2022) lalu. Warga terdampak gempa dibantu berbagai pihak kini tengah berupaya pulih dan berbenah pascabencana gempa tersebut.

Untuk membantu pemulihan pasca bencana tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memastikan kondisi warga terdampak bisa kembali pulih melalui berbagai bantuan yang telah disalurkan.

Baca Juga: BRI dan BUMN Bersinergi, Bahu Membahu Mengebut Pemulihan Korban Gempa Cianjur

BRI membangun Posko BRI Peduli Bencana yang terletak di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Posko tersebut menjadi salah satu pusat bantuan untuk penyaluran bantuan kepada warga terdampak. Posko BRI Peduli Bencana tersebut terdiri dari posko kebutuhan Logistik, tenda evakuasi pengungsi, posko Medis, posko Dapur umum, Kamar mandi dan toilet portable sebanyak 3 unit. Posko BRI Peduli tersebut beroperasi sampai dengan 23 Desember 2022, sesuai dengan status tanggap darurat bencana yang ditetapkan oleh pemerintah dan Satgas Bencana BUMN.

Posko medis/kesehatan pada Posko BRI Peduli dikelola langsung oleh BRIMEDIKA dengan jumlah tenaga medis 2 Dokter dan 5 perawat. Layanan yang diberikan adalah pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan dan trauma healing. Layanan dilakukan di posko dan secara mobile ke wilayah-wilayah terdampak. Upaya tersebut diharapkan dapat menjadi proteksi dini untuk mencegah timbulnya penyakit dan menjamin Kesehatan warga terdampak. Posko tersebut juga sekaligus difungsikan sebagai trauma healing, terutama bagi anak-anak korban gempa.

Posko kebutuhan logistik dipergunakan untuk menyalurkan kebutuhan logistik secara mobile oleh pekerja BRI/Mantri menggunakan sarana motor trail untuk menjangkau wilayah-wilayah yang tidak bisa diakses dengan mobil. Bantuan logistik yang disalurkan berupa sembako, makanan siap saji, tikar, selimut, air mineral, perlengkapan bayi, perlengkapan jenazah, obat-obatan, makanan bayi, perlengkapan wanita, perlengkapan mandi, dan kebutuhan lainnya. Sampai saat ini posko logistik ini memasok kebutuhan logistik di 27 Desa.

Baca Juga: BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan pada LPS Banking Awards 2022

Tim relawan BRI juga telah membantu proses evakuasi warga yang terisolir akibat rerentuhan pascagempa. Proses evakuasi juga turut bekerja sama dengan Satgas Bencana BUMN dan pihak-pihak lainnya.

Pekerja BRI setempat (BRI Unit Ciherang, Cijedil, Sawagede, dan Muka) melakukan blusukan ke lokasi-lokasi korban gempa di Cianjur. Blusukan dengan motor dilakukan untuk menelusuri jalan-jalan sempit agar bisa menjangkau posko korban bencana yang relatif terisolir, blusukan tersebut dilakukan dengan membawa ribuan makanan siap santap (nasi bungkus). Blusukan pendistribusian bantuan ke daerah terpencil juga dilakukan oleh komunitas BRI yang memiliki motor trail atau BRITAC (BRI Trail Adventure Community).

Baca Juga: Anies Pegang Tiket Capres 2024, Said Didu: Semoga Muncul Sebagai Sosok dan Kelompok Baru yang Terbebas dari Oligarki

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: