Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Resmikan Kantor Baru di Tokyo, Bos BI Beberkan Peran Penting Kantor Perwakilan Luar Negeri

Resmikan Kantor Baru di Tokyo, Bos BI Beberkan Peran Penting Kantor Perwakilan Luar Negeri Kredit Foto: Bank Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tokyo menempati gedung kantor baru yang diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia pada Kamis (8/12/2022 di Tokyo. Kantor baru yang beralamat di JP Tower Room 2619, 2-7-2 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0005 Japan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran BI sebagai bank sentral yang berkontribusi nyata dengan memperkuat sinergi dan terus berinovasi di berbagai bidang.

Dalam peresmian tersebut, Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan tiga hal terkait dengan peranan kantor perwakilan luar negeri BI, khususnya kantor perwakilan Tokyo. Pertama, dukungan infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan tugas Kantor Perwakilan Luar Negeri (KPwLN).

"BI menerapkan konsep modern office yang mencerminkan konsep budaya kerja digital, new lifestyle dan memerhatikan empat kegiatan utama dalam bekerja yaitu: Konsentrasi, Kolaborasi, Komunikasi dan Kasual (4K)," ujar Perry dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/12/2022). Baca Juga: BI Yakin Perpanjangan Kebijakan DP 0 Persen Pacu Kinerja Properti di 2023

Kedua, lanjut Perry, peranan KPwLN dalam transformasi kebijakan internasional, di antaranya dalam menyusun asesmen ekonomi dan keuangan internasional. Analisis ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi kebijakan yang kredibel bagi perumusan kebijakan BI di Kantor Pusat.

*Ketiga, peran strategis KPwLN Tokyo dalam menjalankan tugasnya bersinergi dengan berbagai stakeholders, termasuk KBRI Tokyo. Sinergi tersebut di antaranya dilakukan melalui berbagai penyelenggaraan forum investasi, dan promosi perdagangan untuk mendorong investasi ke Indonesia," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, mengapresiasi keberadaan BI di Tokyo yang selama ini banyak membantu kegiatan dalam diplomasi ekonomi, baik secara formal maupun informal. "Semoga dengan kantor baru ini sinergi tetap terjalin semakin baik," tambahnya. Baca Juga: BI Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah, Ekonom: Rupiah Tak Akan Tembus Rp16.000

Adapun peresmian Kantor Perwakilan BI Tokyo juga turut dihadiri oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, Pejabat Atase di KBRI Tokyo dan Indonesia Investment Promotion Center di Jepang, serta Pejabat Perwakilan BUMN di Jepang.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan ke-32

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: