Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anggota Uni Eropa Jatuhkan Veto, Rusia Bisa Bernapas Lega

Anggota Uni Eropa Jatuhkan Veto, Rusia Bisa Bernapas Lega Kredit Foto: Getty Images
Warta Ekonomi, Moskow -

Hongaria dapat memveto usulan paket sanksi Uni Eropa kesembilan terhadap Rusia, di tengah perselisihan tentang pendanaan untuk Budapest ditahan oleh Brussel, Financial Times melaporkan pada Kamis (8/12/2022).

“Mereka menjadi sulit di mana pun mereka bisa,” kata seorang pejabat senior UE dalam sebuah komentar di surat kabar tentang serangkaian pertemuan di Brussel awal pekan ini.

Baca Juga: Aibnya Dikuak, Kondisi Uni Eropa Bisa Dimanfaatkan Rusia, Hati-hati!

“Ini menjadi agak bisa diprediksi,” tegasnya.

Pada Rabu, Komisi Eropa mengusulkan babak baru pembatasan terhadap Moskow atas operasi militernya di Ukraina. Paket tersebut mencakup hampir 200 individu dan entitas yang dijadwalkan masuk daftar hitam UE, kata Presiden Komisi Ursula von der Leyen.

Para diplomat mengatakan kepada FT bahwa Hongaria dapat “menyandera” semua keputusan yang akan datang yang membutuhkan dukungan bulat.

Negara itu dilaporkan memaksa penundaan pemungutan suara untuk meminjam $18 miliar untuk Ukraina awal pekan ini.

Kritikus Hongaria mengklaim bahwa Perdana Menteri Viktor Orban menyalahgunakan hak istimewa keanggotaan UE untuk menekan Brussel atas penolakannya untuk mencairkan €5,8 miliar ($6,1 miliar) dana pemulihan Covid-19 yang dimaksudkan untuk Hongaria.

Uang itu dibekukan karena penilaian kepemimpinan UE bahwa Budapest gagal memenuhi kewajiban aturan hukumnya.

Pekan lalu, Komisi Eropa mengatakan dana akan tetap dibekukan sampai Hongaria sepenuhnya mengimplementasikan reformasi peradilan dan anti-korupsi yang dijanjikan.

Cabang eksekutif UE juga menyarankan penangguhan pembayaran tambahan €7,5 miliar ($7,9 miliar), yang akan diterima Hongaria sebagai bagian dari program yang ditujukan untuk standar hidup malam di seluruh blok. Uni Eropa akan memberikan suara tentang masalah ini pada 19 Desember.

FT mengklaim Orban bertindak seperti Grinch yang merusak Natal untuk anggota UE lainnya, dengan memainkan "permainan ayam" bersama mereka.

Budapest juga dapat memveto perluasan zona Schengen untuk memasukkan Kroasia, Rumania, dan Bulgaria, surat kabar itu menyarankan, mengklaim bahwa "tidak ada yang dapat dikecualikan" pada saat ini.

Pemerintah Orban sangat kritis terhadap pendekatan Brussel terhadap konflik Ukraina, khususnya rezim sanksi. UE "menembak dirinya sendiri" dengan memotong perdagangan dengan Rusia dan menyebabkan lonjakan harga energi dan inflasi di dalam negeri, dia menilai.

Budapest juga bersikeras agar Brussel fokus untuk mencapai perdamaian antara Moskow dan Kiev. Hongaria telah mematahkan barisan dengan negara-negara Barat lainnya dengan menolak mengirim senjata ke Ukraina atau melatih pasukannya.

Baca Juga: Meriahkan Bulan Bahasa Bali V, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: