Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nilainya Tembus 30 Miliar Dolar, Xi Jinping dan Putra Mahkota Arab Saudi Semringah, Amerika Ketar-Ketir

Nilainya Tembus 30 Miliar Dolar, Xi Jinping dan Putra Mahkota Arab Saudi Semringah, Amerika Ketar-Ketir Kredit Foto: Reuters/Courtesy of Saudi Royal Court/Bandar Algaloud
Warta Ekonomi, Moskow -

Kesepakatan 30 miliar dolar berhasil raih dalam pertemuan Presiden China Xi Jinping dan putra mahkota Arab Saudi Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) pada hari Kamis (8/12/2022).

Media pemerintah Arab Saudi dalam publikasinya menyebut kerja sama dua negara yakni 34 perjanjian investasi di berbagai sektor termasuk hidrogen hijau, teknologi informasi, transportasi dan konstruksi.

Baca Juga: Rakyat China Justru Bingung Kebijakan Nol Covid Xi Jinping Dilonggarkan karena...

Kerja sama itu dicapai China yang berusaha untuk menopang ekonominya yang terkena Covid-19 dan Arab Saudi yang  mendorong untuk mendiversifikasi aliansi ekonomi dan politik mereka.

Xi, yang terbang pada hari Rabu (7/12) ke Arab Saudi disambut dengan jabat tangan oleh MBS yang berusia 37 tahun di Istana Yamamah. Kedua  berdiri berdampingan saat band memainkan lagu kebangsaan mereka.

Xi dan MBS juga terlihat mengobrol saat mereka berjalan ke istana, yang merupakan kediaman resmi raja. Para pemimpin Arab juga mulai berkumpul di ibu kota Saudi menjelang pertemuan puncak dengan Xi.

Presiden China itu juga akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan enam anggota Dewan Kerjasama Teluk sebelum berangkat pada Jumat.

China yang adalah  konsumen utama minyak Saudi, telah memperkuat hubungannya dengan wilayah yang telah lama bergantung pada Amerika Serikat untuk perlindungan militer. Tren ini lantas memunculkan kekhawatiran bahwa kehadiran Amerika dapat digantikan posisinya bagi Arab oleh negeri tirai bambu.

Baca Juga: Lukas Enembe Ngeluh Tidur Pakai Kasur Tipis di Rutan, AHY Disinggung: Coba Minta sama Ketum Siapa Tahu Dikirimi..

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan GenPI.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: