Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan Jadi Sosok Paling Diperbincangkan Netizen, Ganjar Pranowo 'Ngekor' dengan Kuasai TikTok

Anies Baswedan Jadi Sosok Paling Diperbincangkan Netizen, Ganjar Pranowo 'Ngekor' dengan Kuasai TikTok Kredit Foto: Fajar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Drone Emprit menyebut sosok calon presiden (capres) Partai NasDem Anies Baswedan paling banyak disebut dalam pemberitaan dan perbincangan warganet sepanjang 1-30 November 2022. Survei ini berbasis Artificial Intelligence dan Natural Learning Process.

Pemberitaan dan perbincangan seputar Anies Baswedan jauh di atas tokoh-tokoh politik lainnya. Puncak pembahasan terjadi pada 5 November 2022, yang didorong kunjungan Anies Baswedan ke Kota Medan.

Baca Juga: Safari Politik Keliling Papua, Cerita Seru Anies Baswedan: Begitu Mendarat di Sini, Saya...

Ganjar Pranowo berada di posisi kedua setelah Anies Baswedan dengan kenaikan yang sangat tinggi pada akhir November. Didorong pembahasan tentang 'rambut putih' yang diucapkan Presiden Jokowi sebagai sosok yang memikirkan rakyat.

"Pergerakan tren yang tinggi juga ditemukan pada Erick Thohir, terutama didorong aktivitas partisipasi BUMN dalam acara G20 dan dukungan agar Erick berkompetisi pada Pilpres 2024," tulis pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, Jumat (9/12/2022).

Untuk favorabilitas tokoh, tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada negatif ada AHY dengan 38 persen negatif. Posisi kedua ditempati Sandiaga Uno dengan 24 persen negatif dan Ganjar Pranowo di posisi ketiga dengan 19 persen negatif.

Sedangkan, Muhaimin Iskandar menjadi tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada positif sebesar 94 persen terhadap total percakapan masing-masing. Raihan ini disusul nama tokoh-tokoh lain seperti Erick Thohir dan Airlangga Hartarto.

"Posisi kedua diraih Erick Thohir dengan 89 persen positif," tulis Ismail.

Untuk pengikut di media-media sosial, jumlah pengikut terbanyak dimiliki akun Ridwan Kamil. Ridwan Kamil unggul di media-media seperti Instagram dengan 19,6 pengikut, Twitter dengan 5,4 pengikut dan YouTube dengan 5,3 pengikut.

Baca Juga: Pendukung Ganjar Pranowo 'Kelojotan' Minta Segera Deklarasi Biar Nggak Disusul Anies Baswedan, Lah kan PSI Sudah Deklarasi, Nggak Dianggap?

Selain itu, ada nama Prabowo Subianto yang memiliki pengikut Fanpage Facebook dengan 9,6 juta dan menjadi tokoh yang terbanyak. Sedangkan, di kanal TikTok, Ganjar Pranowo terlihat masih memimpin dengan pengikut lebih dari 2,9 juta.

Dari data pengikut kontra popularitas yang ditemukan Drone Emprit tersebut, bisa disimpulkan kalau tingginya jumlah pengikut di media-media sosial bukan jaminan tingginya popularitas seorang tokoh. Baik dalam percakapan maupun pemberitaan. 

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan ke-32

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: