Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menambah Pengguna Aplikasi Game Selama FIFA World Cup 2022 dengan Iklan Mobile OEM

Menambah Pengguna Aplikasi Game Selama FIFA World Cup 2022 dengan Iklan Mobile OEM Kredit Foto: Avow
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun ini, FIFA World Cup 2022 yang luar biasa telah berhasil menarik perhatian berbagai brand di seluruh dunia karena untuk pertama kalinya pertandingan ini diselenggarakan di Timur Tengah, yakni di Qatar. Oleh karena itu, FIFA World Cup 2022 diharapkan dapat menghasilkan pendapatan iklan sebesar $6,5 miliar, melampaui semua turnamen sebelumnya.

World Cup, dari babak penyisihan hingga sistem gugur hingga paruh pertama bulan Desember, adalah waktu yang tepat bagi aplikasi taruhan olahraga dan aplikasi game untuk menjangkau pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama. Aplikasi seluler dari berbagai kategori akan membelanjakan ribuan dolar agar dapat memperoleh ROI positif dan instalasi aplikasi. 

Pengiklan seluler harus memaksimalkan kampanye iklan dan kegiatan pemasaran mereka saat acara seperti ini diselenggarakan karena kegiatan dan keterlibatan pengguna sangat tinggi. 

CEO & Co-Founder AVOW, Robert Wildner mengungkapkan hal tersebut merupakan peluang yang hanya terjadi empat tahun sekali bagi brand untuk mendapatkan eksposur maksimum. Selain itu, untuk pertama kalinya World Cup diadakan pada akhir tahun (kuartal keempat kalender), yang menjadi periode paling menguntungkan bagi industri periklanan karena mendekati musim liburan Tahun Baru dan Natal. 

Baca Juga: Kolaborasi IndiHome dengan Platform Vidio Siap Manjakan Penggemar FIFA World Cup 2022

"Pemasaran aplikasi selama FIFA World Cup 2022 akan  membangun kredibilitas, kepercayaan, dan pengaruh brand, serta menciptakan dampak jangka panjang bagi kelompok pengguna sasaran dalam kategori aplikasi tertentu. Pertumbuhan industri taruhan olahraga di seluruh dunia mencapai 231 miliar dolar AS pada tahun 2022,” ujar Robert Wildner. 

Proliferasi besar dalam skala pasar menunjukkan bahwa sudah waktunya bagi pemasar aplikasi olahraga dan game untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan cara alternatif untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

“Mobile OEM, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Huawei serta app store alternatif menawarkan peluang yang sangat baik bagi aplikasi game dan taruhan olahraga untuk mengiklankan kampanye pemasaran mereka,” tambahnya.

Ia menyebutkan jika potensi mobile OEM dan app store independen sangat besar jika dimanfaatkan dengan strategi yang kohesif. Dengan jangkauan tambahan yang ditawarkan oleh mobile OEM, pemasar aplikasi dapat meningkatkan laba atas belanja iklan (ROAS) secara pesat selama FIFA World Cup 2022 dengan mempromosikan aplikasi mereka melalui penempatan iklan yang dipersonalisasi dan mengoptimalkan kampanye melalui penempatan iklan yang paling berorientasi pada hasil. 

“Sebagai contoh, Huawei memberi pengembang aplikasi kesempatan berharga untuk memasang iklan di bagian khusus app store resmi mereka - AppGallery, selama FIFA World Cup. Di sisi lain, Vivo adalah sponsor resmi smartphone untuk FIFA World Cup tahun ini. Jangkauan yang ditawarkan OEM mencapai lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif harian (DAU). Ini adalah pasar yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan oleh aplikasi taruhan olahraga, dengan kapabilitas penargetan untuk mendapatkan lebih dari 6 juta instalasi bulanan,” jelasnya. 

Baca Juga: Cuma Buat FIFA World Cup U-20, Kemenpora Tegaskan: Blackpink Tak Bisa Gelar Konser di GBK!

Dengan app store mobile OEM, pemasar aplikasi olahraga dapat beralih dari domain iklan pihak ketiga selama FIFA World Cup 2022 dan membuat channel akuisisi pengguna yang dapat ditingkatkan skalanya. Selain itu, mobile OEM akan membantu menyusun strategi dengan pendekatan yang relatif lebih hemat biaya untuk mengumpulkan pengguna baru, memperluas basis pengguna, dan meningkatkan unduhan aplikasi secara real-time. 

Jadi, lanjut Robert cara terbaik untuk mempercepat pencapaian target pertumbuhan aplikasi game atau taruhan olahraga selama FIFA World Cup 2022 adalah berkonsultasi dengan perusahaan pertumbuhan aplikasi khusus yang memiliki spesialisasi yang tepat. Agensi yang memiliki kemitraan OEM eksklusif akan membantu Anda mendapatkan informasi lebih lanjut tentang app store alternatif dan penempatan iklan.

“Selain itu, mereka dapat  membantu Anda memahami semua hal terkait mengiklankan aplikasi Anda di masing-masing kawasan/daerah yang akan ditargetkan. Untuk mengurangi kerepotan, mereka juga akan mengerahkan tim pakar pertumbuhan aplikasi untuk menentukan langkah-langkah strategis dan melacak kinerja kampanye,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: