Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf: Wonderful Indonesia Co-Branding Awards Tingkatkan Komitmen dan Kolaborasi

Menparekraf: Wonderful Indonesia Co-Branding Awards Tingkatkan Komitmen dan Kolaborasi Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan penghargaan Wonderful Indonesia Co-Branding Awards, di Gedung Kemenparekraf, Jakarta, Rabu (14/12/2022). Penghargaan ini diberikan kepada para mitra Co-Branding yang telah resmi bergabung menjadi bagian dari Wonderful Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan saat ini terdapat 75 brand yang telah bergabung dan menjalin komitmen untuk bekrolaborasi. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat  menambah semangat bagi para mitra untuk terus mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam brand Wonderful Indonesia.

Baca Juga: Menparekraf: Sinergi Program BBI dan BBWI Mampu Bangkitkan Sektor Parekraf Tanah Air

"Ini bentuk apresiasi Kemenparekraf kepada mitra-mitra co-branding Wonderful Indonesia atas program-program kolabor-aksinya yang telah dilakukan selama 1 tahun," katanya.

Menurutnya, Wonderful Indonesia sudah menjadi kekuatan brand top of the mind bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Untuk itu, ke depan, Kemenparekraf akan meningkatkan branding tersebut untuk menarik wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

"Kita kembangkan bersama dengan mitra untuk mencapai target-target yang sudah dibebankan dan diamanahkan kepada kita. Wisatawan mancanegara harus meningkat, wisata nusantara harus bergerak, tetapi juga harus tingkatkan nilai tambah ekonomi kreatif lapangan kerja terutama berkaitan dengan pemulihan pandemi," jelas Sandiaga.

Berdasarkan Travel & Tourism Development Index (TTDI) 2021, Sandiaga menuturkan Indonesia berada di peringkat ke-32 bersaing dengan Thailand yang berada di peringkat ke-36 dan Malaysia ke-38. Dalam salah satu indicator individual, yaitu Country Brand Strategy Rating, Indonesia menduduki peringkat ke-25. Hal ini menunjukkan Indonesia memiliki inovasi yang baik dan harus terus ditingkatkan.

"Co-Branding Awards ini dapat menjadi bentuk terima kasih sekaligus stimulus yang baik agar setiap mitra tetap dan bahkan meningkatkan kontribusinya terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dalam balutan brand yang kita cintai, Wonderful Indonesia," tegasnya.

Baca Juga: Kemenparekraf-Qlue Kolaborasi Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan kerja sama co-branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf dengan korporasi memiliki 3 tujuan utama, yaitu peningkatan brand equity Wonderful Indonesia sebagai identitas pariwisata Indonesia, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta adanya pemanfaatan sumber daya dari setiap pihak yang terlibat.

Pada kesempatan yang sama, Made juga menyampaikan bahwa Co-Branding Awards 2021 memiliki 4 kategori, yaitu Best Exposure, Most Collaborative, Most Creative, dan Most Partisipative dengan masing-masing dibagi kembali dalam Gold, Silver, dan Bronze.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: