Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wujudkan Target Sektor Parekraf, Kemenparekraf Teken MoU Kembali dengan Grab

Wujudkan Target Sektor Parekraf, Kemenparekraf Teken MoU Kembali dengan Grab Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam meningkatkan serta mewujudkan target-target di setiap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali bekerja sama dengan pihak swasta, yaitu Grab Indonesia.

Sebelumnya, Grab sudah bekerja sama dengan Kemenparekraf melalui brand Wonderful Indonesia sejak tahun 2018. Kerja sama tersebut kembali terjalin melalui MoU dan Perjanjian Kerja sama antarkedua belah pihak yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Angkat Bicara Soal Insiden Jetstar Dilarang Mendarat di Bali

"Mengawali tahun 2023 ini, saya bangga sekali dapat melihat dan menyaksikan komitmen Grab Indonesia kepada Wonderful Indonesia untuk bersama-sama memulihkan dan memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di kancah global melalui program kemitraan Wonderful Indonesia Co-Branding yang tetap mengutamakan inovasi, adaptasi, dan kolabor-aksi," ujar Menparekraf Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1/2023).

Menparekraf mengharapkan, kerja sama ini dapat meningkatkan dan memperkuat brand equity, memperluas penetrasi pasar dan jangkauan, serta sharing resources yang akan menghasilkan penghematan biaya promosi dan pemasaran.

"Sehingga ada win win dengan Grab sebagai mitra dan membawa value. Terlebih platform ini sudah menjadi keseharian wisatawan dan pelaku UMKM. Mereka juga sudah memberikan komitmen kepada Wonderful Indonesia. Ini memperkuat branding kita, maka harus terus kita dorong dengan adaptasi, kolaborasi, dan inovasi," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan, Grab Indonesia telah menjadi mitra co-branding Wonderful Indonesia sejak 2018. Selama periode tersebut, Grab Indonesia telah banyak menginisiasi program kolaborasi dalam kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk aktivasi kampanye domestik, promosi, dan peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif melalui layanan aplikasinya.

"Dengan adanya kerja sama yang terus terjalin, akan tercipta kolaborasi aktivasi program bersama demi kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, serta memberi manfaat bagi pelaku dan para UMKM," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Grab Indonesia Rizki Kramadibrata mengatakan, pihaknya siap terus bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk mendukung capaian target sektor parekraf tahun 2023.

"Kami memiliki ruang kolabor-aksi untuk bekerja sama dalam memberdayakan UMKM. Ini bukan tugas pemerintah semata, melainkan tugas bersama karena UMKM menjadi tulang punggung bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami juga memiliki akses luas kepada UMKM, juga kepada turis," katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: