Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Mulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil? Simak 5 Tips Jitu Berikut Ini!

Mau Mulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil? Simak 5 Tips Jitu Berikut Ini! Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia mencatat terdapat 12 juta penjual yang bergabung di platformnya hingga sejauh ini. Dari jumlah tersebut, hampir 100% di antaranya berasal dari kalangan UMKM.

Menimbang hal tersebut, Tokopedia membagikan tips bisnis memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Dengan tips ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk aktif membangun bisnis tanpa takut terkendala modal.

Tips Memulai Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Tokopedia merangkum lima tips utama yang dapat diterapkan oleh masyarakat untuk membangun bisnis rumahan mereka. Kelima tips tersebut ialah sebagai berikut.

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi UMKM, Heru Budi Hartono dan Grab Siap Berkolaborasi: Sukses Jakarta untuk Indonesia

1. Pastikan ada peminat produk dengan meninjau produk terlaris

Masyarakat yang ingin memulai bisnis rumahan perlu mencari tahu produk yang tengah diminati. Untuk dapat mengetahui hal tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia Seller.

Fitur Wawasan Pasar memberikan informasi soal kondisi pasar, produk terlaris di platform Tokopedia, dan kata kunci yang marak dicari berdasarkan wilayah dan kategori.

"Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik, dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022," jelas Maisyalina Agustiana, Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/1/2023).

2. Pelajari profil calon pembeli

Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

"Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan," tambah Maisyalina.

3. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: