Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PGN Uji Coba Head Truck DDF LNG Pertama di Indonesia

PGN Uji Coba Head Truck DDF LNG Pertama di Indonesia Kredit Foto: PGN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berkomitmen memperluas pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor baik industri, komersial hingga transportasi, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bersama anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) mulai menerapkan penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) atau gas bumi dalam bentuk cair untuk truk pengangkut bahan bakar gas. 

Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah menjelaskan bahwa uji coba ini merupakah salah satu upaya Gagas dan Subholding Gas Group untuk memperluas pemanfaatan gas bumi khususnya untuk sektor transportasi. 

Adapun komitmen penerapan DDF ini sejalan dengan rencana strategis Pertamina dalam perluasan pemanfaatan gas bumi di era transisi energi saat ini.

Baca Juga: BPH Migas & PGN Pastikan Keamanan Distribusi Gas Bumi Nataru ke 31.121 Rumah Tangga di Kota Tarakan

"Kami mendukung 100% upaya Pertamina dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan dan bebas subsidi. Pemanfaatan gas bumi sektor transportasi ini akan membantu Pemerintah dalam menekan subsidi energi juga membantu pemerintah dalam menjalankan peta biru pencapaian target komitmen menuju Net Zero Emission. Seluruh proses uji coba penggunaan LNG pada truk telah berhasil  dilakukan. Seluruh truk LNG telah tiba di Surabaya dengan aman, tanpa kendala dan menunjukkan performa seperti yang diharapkan. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu milestones penting dari Subholding Gas Group, yaitu mengoperasikan truk berbahan bakar LNG pertama di Indonesia," ujar Hardiansyah dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (25/1/2023). 

Hardiansyah mengatakan inisiatif ini merupakan bagian dari upaya dan dukungan Subholding Gas Group dalam rangka menurunkan tingkat emisi dan biaya logistik nasional untuk peningkatan daya saing produk dan jasa nasional yang diharapkan dapat berdampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun Uji coba dilaksanakan pada Minggu (15/01/2023) dengan melakukan uji coba pada tiga unit truk yang membawa LNG Semitrailer 40 feet, Mobile Refueling Unit (MRU) LNG dan Gas Transport Module (GTM) CNG 20 feet yang melakukan perjalanan dari Jakarta - Surabaya - Jakarta. 

"Uji coba ini dilakukan selama lima hari menggunakan truk dengan kapasitas tabung bahan bakar LNG 1000 liter LNG," ujarnya. 

Uji coba perjalanan Jakarta - Surabaya dilakukan melalui dua rute yaitu rute Jakarta Surabaya via Semarang melalui tol dan Jakarta Surabaya via Semarang melalui jalur non tol. Hal ini dilakukan untuk melihat ketahanan truk melalui dua medan jalan yang berbeda. 

Ketiga truk diberangkatkan dari Jakarta dengan kondisi bahan bakar full tank sebanyak 900 liter LNG. Selanjutnya truk akan kembali melakukan pengisian LNG melalui MRU LNG yang juga ikut dalam uji coba di SPBG Mangkang, Semarang. 

Baca Juga: Demokrat Resmi Usung Anies Baswedan Bacapres 2024, Orang PSI Angkat Suara: Nggak Mengejutkan

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua