Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Heboh Rencana Ongkos Ibadah Haji Naik Sampai Puluhan Juta, Muhadjir: Kalau Ditunda Terus Akan Membebani

Heboh Rencana Ongkos Ibadah Haji Naik Sampai Puluhan Juta, Muhadjir: Kalau Ditunda Terus Akan Membebani Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyoroti soal rencana kenaikan ongkos ibadah haji yang sampai puluhan juta. Muhadjir menyebut tidak bisa pemerintah terus menahan kenaikan untuk biaya haji 2023.

Muhadjir menerangkan kalau selama ini besaran biaya yang dibayarkan jemaah untuk naik haji di bawah total biaya yang semestinya. Hal tersebut bisa dilakukan karena pemerintah memberikan subsidi secara tidak langsung.

"Jadi, selama ini memang dana untuk haji itu sebetulnya di bawah dari biaya yang seharusnya. Jadi selama ini pemerintah memberikan subsidi tidak langsung," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Gibran bin Jokowi Lebih Baik Jangan Maju di Pilgub DKI, Disebut Bakal Berhadapan dengan Sosok yang Nggak Main-main, Siapa? Ternyata...

Untuk meringankan beban pemerintah, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) juga berupaya mengelola dana calon jemaah yang masih mengantri supaya menahan kenaikan biaya haji. Namun menurutnya, upaya itu belum bisa berjalan maksimal.

"Tapi kalau ditunda-tunda terus kenaikan ini memang akan semakin membebani," tuturnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: