Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Startup Terra Drone Dapat Dana Segar Senilai US$14 Juta dari Wa'ed Ventures Arab Saudi

Startup Terra Drone Dapat Dana Segar Senilai US$14 Juta dari Wa'ed Ventures Arab Saudi Kredit Foto: Terra Drone
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan rintisan (startup) teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) Terra Drone Corporation kini menjadi startup pertama di Asia yang berhasil mengumpulkan dana segar dari modal ventura produsen minyak terbesar di dunia dari Saudi Arabia, Wa'ed Ventures senilai US$14 juta.

Invetasi Wa'ed Ventures kepada Terra Drone merupakan investasi pertama Wa'ed Ventures di industri startup Asia. Melalui investasi ini, Terra Drone akan membuat entitas anak perusahaan baru untuk operasinya di Arab Saudi, di mana Wa'ed Ventures akan mendukung anak perusahaan baru tersebut dengan mengambil keunggulan dari seluruh pengalaman bisnis Terra Drone di Asia Tenggara dan Eropa.

Dengan membawa visi sebagai solusi digital state-of-the-art dan teknologi drone cutting-edge, Terra Drono akan membangun anak perusahaan baru di Arab Saudi untuk melakukan survei drone, inspeksi, dan pengelolaan lalu lintas tanpa awak atau unmanned traffic management (UTM) untuk berbagai proyek di Arab Saudi.

Baca Juga: Debut di Indonesia, Creative Gorilla Capital Luncurkan Dana US$20 Juta untuk Startup D2C

Founder & CEO Terra Drone Corporation Toru Tokushige menjelaskan bahwa Terra Drone telah menjalankan bisnisnya sejak 2016 saat era drone dimulai dengan membawa misi untuk mengembangkan dunia dari udara. Dalam enam tahun perjalanannya sampai saat ini, Toru menyampaikan bahwa Terra Drone telah membangun rekam jejak yang kokoh baik secara domestik maupun internasional dan telah tumbuh menjadi penyedia drone terkemuka di dunia.

"Investasi Saudi Aramco di Terra Drone melalui anak perusahaannya Wa'ed Ventures adalah contoh lain dari pengakuan global atas pencapaian kami, yang meningkatkan harapan bagi tim kami saat kami terus mendorong dan memimpin Terra Drone ke garis depan jalur inovasi global," tutur Toru dalam media rilis pada Rabu (25/1/2023).

Mendirikan anak perusahaan baru di Arab Saudi dengan dukungan investasi Wa'ed Ventures, Terra Drone Arabia nantinya akan dijalankan untuk mendukung "Visi 2030" Pemerintah Arab Saudi, yaitu sebuah visi yang bertujuan untuk mendorong transformasi ekonomi Arab Saudi dengan mengurangi ketergantungannya pada hidrokarbon melalui teknologi inisiatif di mana Pemerintah Arab Saudi akan turut berfokus pada upaya untuk mempromosikan penggunakan drone dalam layanan seperti inspeksi aset.

Dengan pembentukan Terra Drone Arabia ini, perusahaan berharap dapat menciptakan kesempatan kerja baru di Saudi Arabia sembari mempercepat perkembangan industri drone di Timur Tengah. Nantinya, Terra Drone Arabia akan menyediakan layanan inspeksi minyak dan gas yang ada.

"Didukung oleh rekam jejak global Terra Drone, investasi kami menunjukkan komitmen kami untuk membangun ekosistem UAM di Kerajaan Arab Saudi, yang berpusat pada perekonomian yang berkelanjutan. Kami melihat adopsi yang cepat untuk teknologi UAM sebagai vertikal teknologi yang sedang berkembang di wilayah ini, dan Terra Drone sangat cocok untuk mengadaptasi inovasinya di seluruh wilayah, mulai dari Kerajaan Arab Saudi," ujar Fahad Alidi selaku Managing Director di Wa'ed Ventures.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua