Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capai Pertumbuhan Siginifikan pada 2022, Ini Target Pertumbuhan Bisnis DANA di 2023

Capai Pertumbuhan Siginifikan pada 2022, Ini Target Pertumbuhan Bisnis DANA di 2023 Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menutup tahun 2022, dompet digital DANA mencatatkan pertumbuhan positif yang signifikan.

Rangga Wiseno selaku Chief of Product DANA Indonesia menyampaikan bahwa pada tahun 2022, DANA telah menorehkan sederet capaian termasuk, menjadi nomor 1 Top Improver kategori Indonesian Bank and Payment System Brand berdasarkan data dari YouGov Bank and Payment System consideration rankings pada Desember 2022.

Capaian lainnya, DANA berhasil mencatatkan pertumbuhan pengguna terdaftar mencapai 135 juta pengguna, dari 35% YoY dari 95 juta pengguna terdaftar pada tahun 2021. DANA juga telah memiliki 6000 merchant online selama tahun 2022, tumbuh 20% YoY dari 5000 merchant online pada tahun 2021.

Baca Juga: Startup Terra Drone Dapat Dana Segar Senilai US$14 Juta dari Wa'ed Ventures Arab Saudi

Untuk transaksi harian, DANA mengalami pertumbuhan mencapai 150% YoY mencapai 180 juta transaksi harian dicapai selama tahun 2022. Tidak hanya itu, DANA juga mendapatkan penghargaan QRIS nomor satu untuk kategori nonbank dari Bank Indonesia.

Terhadap semua capaian yang didapatkan oleh DANA Indonesia selama tahun 2022 tersebut, Rangga menyampaikan bahwa capaian tidak terlepas dari pengaruh tiga prinsip dasar inovasi teknologi yang DANA terapkan, yaitu terkait dengan kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan juga kemudahan akses.

Memberikan gambaran capaian DANA selama tahun 2022, Chief Executive Officer DANA Indonesia Vincent Iswara dalam media gathering pada Rabu (25/1/2023) menyampaikan, "DANA alhamdulillah sudah lumayan, dua tahun terakhir ini kita pertumbuhannya semakin baik. Kita melihat juga pertumbuhan di DANA itu kebanyakan juga organik dan kita melihat perluasan dari DANA itu tidak hanya di lingkungan top tier city juga tapi meluas ke daerah-daerah [...] Kita sendiri juga melihat user kami itu tidak hanya makin bertambah, tapi transaksi juga bertambah, dan jumlah nilai transaksi juga makin bertambah. Jadi over all pertumbuhan kami sangat healthy, pertumbuhan kami sangat maju dengan pesat."

Bangga atas perkembangan yang telah dicapai, Vincent menuturkan bahwa capaian DANA telah selaras dengan tujuan untuk menunjang inkluasi keuangan bagi masyarakat Indonesia, terutama pada inklusi keuangan digital. Ia menambahkan, "kita juga melihat bahwa lebih dari 40% pengguna kami sekarang berasal dari luar Jawa. Jadi pertumbuhannya kami, kita sangat banggakan juga karena tidak hanya berkonsentrasi di Jawa saja tapi sudah bertumbuh di luar Jawa. Kalau dilihat di kami sendiri, di Top 20 Cities, pengguna DANA itu sudah lebih dari 50%."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: