Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Campaign.com Ajak Anak Muda Kenali Green Jobs

Campaign.com Ajak Anak Muda Kenali Green Jobs Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Bandung -

Indonesia bersama negara-negara tetangga menyatakan komitmennya untuk mengampanyekan pekerjaan ramah lingkungan (green jobs) di ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 pada 2018.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060.

Baca Juga: Capai NZE 2060, Indonesia Butuh Dana Lebih dari US$1 Triliun

Berdasarkan International Labour Organization (ILO), green jobs menjadi lambang perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan serta mampu melestarikan lingkungan untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan yang makin menurun, green jobs bisa menjadi salah satu solusi jalur karier yang ramah lingkungan dan ramah sosial, namun belum menjadi pilihan pekerjaan bagi para fresh graduate saat ini.

Hal ini dikarenakan informasi mengenai green jobs dan potensinya belum merata dan diketahui generasi muda.

Dilansir dari laporan Global Green Growth Institute (GGGI), kebutuhan tenaga kerja green jobs di Indonesia diproyeksikan mencapai 4,4 juta orang pada 2030. Hal ini menandakan peluang green jobs terbuka luas bagi para pencari pekerjaan.

Melihat kondisi tersebut, Campaign.com berkolaborasi dengan Generasi Lestari mengenalkan green jobs kepada anak muda lewat kampanye sosial. Terdapat dua kampanye sosial untuk mendukung green jobs yang dapat diikuti di aplikasi Campaign #ForChange.

Kampanye pertama berjudul #DukungProfesiHijau oleh Gajahlah Kebersihan yaitu sebuah komunitas asal Lampung yang bergerak di Bidang pendidikan lingkungan. Gajahlah Kebersihan mengajak masyarakat untuk mengenal, memahami, serta mendukung green jobs.

Sustainability Director Gajahlah Kebersihan, Dicky Dwi Affandi mengungkapkan kampanye ini merupakan edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga: Sinyal Jadi Penerusnya Anies Baswedan, Anak Jokowi Rupanya Sudah Direstui: Maju

"Pengetahuan masyarakat soal karir di bidang lingkungan masih minim. Padahal, green jobs banyak manfaatnya,,"kata Dicky dalam keterangan resminya, Kamis (26/1/2023)

Baca Juga: BRIN Dikritik Usai Nama Habibie Hilang dari Panel Sejarah Iptek: Maunya Cuma Ada Nama Soekarno Gitu? Mau Bikin Negara Milik Nenek Moyang Ya?

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: