Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkuat Pertumbuhan Bisnis Startup Indonesia, Midtrans Luncurkan Program NextLvl

Perkuat Pertumbuhan Bisnis Startup Indonesia, Midtrans Luncurkan Program NextLvl Kredit Foto: Unsplash/KOBU Agency
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam upayanya untuk mengakselerasi pengembangan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia serta mendorong industri teknologi untuk meningkatkan kontribusi terhadap ekonomi digital nasional, layanan payment gateway bagian dari GoTo Financial, Midtrans secara resmi meluncurkan program NextLvl.

Berkolaborasi bersama dengan Amazon Web Services (AWS), Midtrans NextLvl menghadirkan perwakilan mitra Ventura Capital (VC) untuk menjadi mentor peserta terpilih, di antaranya adalah GoVentures, East Ventures, Alpha JWC, dan AC Ventures.

Dalam program ini, sebanyak 50 finalis startup yang terpilih akan mengikuti rangkaian pelatihan intensif seperti mendapatkan akses ke kelas-kelas pengembangan bisnis dan berkesempatan melakukan diskusi mendalam terkait pertumbuhan bisnisnya lewat sesi privat dengan para mitra VC. Dalam hal ini, startup terpilih akan merasakan pengalaman eksklusif mentorship dari perwakilan VC.

Baca Juga: Danamon dan MUFG Taruh Dana Senilai US$100 Juta pada Dana Ventura Garuda Fund Buat Startup RI

"Selama 10 tahun Midtrans hadir bagi pelaku bisnis di Indonesia, kami melihat peran layanan pembayaran daring menjadi semakin penting dalam mendukung pertumbuhan usaha, khususnya pemula. Untuk dapat menjalankan bisnis yang berkelanjutan, pelaku startup harus memastikan semua komponen bisnisnya berjalan baik, termasuk memilih teknologi yang tepat dan terpercata untuk mempermudah manajemen operasional bisnis," tutur Olivia Kurniawati selaku Head of Merchant Payment Marketing GoTo Financial dalam media rilis pada Selasa (31/1/2023).

Olivia menyampaikan ia percaya Midtrans memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan berbagai usaha rintisan lokal hingga naik kelas menjadi perusahaan teknologi kelas dunia, hal ini karena Midtrans memahami pentingnya kombinasi dukungan teknologi dan nonteknologi bagi para startup atau bisnis tahap awal. Melalui program NextLvl, Midtrans akan memberikan dukungan keduanya tersebut.

Sebagai penyelenggara payment gateway di Indonesia, pertumbuhan transaksi online merchant startup yang bermitra dengan Midtrans telah naik hingga empat kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Dari data internal Midtrans, sebanyak 1 dari 5 mitra startup Midtrans telah menggunakan payment gateway Midtrans lebih dari lima tahun. Beberapa contohnya antara lain Tokopedia, Bibit, Tiket.com, Stockbit, Goers, dan lainnya.

Terkait dengan pertumbuhan startup di Indonesia maupun secara global, pertumbuhannya menunjukkan tren positif sejak beberapa tahun terakhir. Indonesia sendiri telah menjadi salah satu dari 10 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia pada tahun 2022. Berdasarkan laporan dari Startup Ranking, Indonesia memiliki sebanyak 2.346 startup dalam negeri yang menempatkan Indonesia berada pada urutan keenam di dunia.

Baca Juga: Wamenkumham Menolak Dikaitkan dengan YAR dan YAM, IPW Tunjukkan Bukti Chat Pamungkas: Ada Permintaan untuk Dimasukkan Sebagaiā€¦

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: