Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bantu Korban Gempa Turki, Uluran Tangan Indonesia Belum Berhenti: Satu Lagi Menyusul 18 Februari

Bantu Korban Gempa Turki, Uluran Tangan Indonesia Belum Berhenti: Satu Lagi Menyusul 18 Februari Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan, bantuan kemanusiaan gelombang kedua dari Indonesia untuk korban gempa telah tiba di Bandara Sakirpasa, Adana, Turki.

Lewat keterangan resmi Kemlu RI, bantuan yang telah tiba itu berupa tim EMT (Emergency Medical Team), rumah sakit lapangan serta bantuan logistik kemanusiaan seberat hampir 40 ton. 

Baca Juga: Biasanya Kritik Anies Baswedan, Elite Megawati Tiba-tiba Kutip Omongan Ulama Kondang: Ini Indonesia, Bukan Yaman...

"Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan dalam 3 gelombang. Hingga saat ini dua gelombang telah tiba. Gelombang terakhir akan tiba di Turki tanggal 18 Februari 2023," ungkap Kemlu RI, dikutip Kamis (16/2/2023).

Diketahui, sesampainya di Turki, rombongan pengantar bantuan diterima langsung oleh Dubes RI Ankara, Lalu Muhamad Iqbal, dan Koordinator Bantuan Kemanusiaan AFAD, Duta Besar Mehmet Gulluoglu.

“Selamat datang saudaraku di Turki. Terima kasih atas ekspresi solidaritas kalian yang sangat tulus. Saya sangat tersentuh dengan kehadiran kalian di saat kami membutuhkan", ujar Dubes Mehmet.

Setalah disambut hangat oleh pemerintah setempat, tim EMT melakukan aklimatisasi dan mendapatkan entry briefing dari Duta Besar RI di Turki mengenai situasi terakhir di lapangan serta strategi untuk masuk ke daerah operasi agar tim dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Baca Juga: Walau Diwarnai Politik Identitas, Anies Baswedan Senang Sama Dukungan Amien Rais: Tanda Kepercayaan!

"Selepas briefing, Tim langsung menuju ke lokasi untuk mulai membangun rumah sakit lapangan seluas 2,5 hektar (25.000 m2) yang akan dioperasikan oleh hampir seratus tenaga medis dan paramedis," jelas Kemlu RI.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: