Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cari Investor Proyek KPBU TPA Sampah, PT PII dan Pemda DIY Gelar 'Market Sounding'

Cari Investor Proyek KPBU TPA Sampah, PT PII dan Pemda DIY Gelar 'Market Sounding' Kredit Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencari investor swasta untuk proyek Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Regional Piyungan di Yogyakarta.

Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo menyampaikan, dalam rangka mendorong partisipasi pihak swasta, pemerintah menggagas kegiatan penjajakan minat pasar (market sounding).

Baca Juga: Bantu Masyarakat dan Pelaku UMKM, PT PII Bersama Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Program 'Semua Bisa Makan'

Wahid menjelaskan, lingkup kerja sama yang direncanakan dalam skema KPBU pada TPA Sampah Regional Piyungan mencakup desain, pembiayaan, dan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dan infrastruktur penunjang serta melakukan pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas pengolahan sampah dan infrastruktur penunjang.

"Proyek ini rencananya akan menggunakan skema Design Build Finance Operate Maintain Transfer (DBFOMT) dengan periode KPBU selama 21,5 tahun (1,5 tahun masa konstruksi dan 20 tahun masa operasi)," jelas Wahid, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (17/2/2023).

Wahid mengatakan, market sounding ini merupakan salah satu kelanjutan dari penandatanganan dua perjanjian antara PT PII dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan Pemda DIY.

"Melalui pelaksanaan market sounding pada hari ini, diharapkan banyak calon investor yang tertarik sehingga proyek ini dapat segera terlaksana. PT PII siap memberikan penjaminan dalam program ini agar meningkatkan tingkat pengelolaan persampahan melalui skema KPBU," tuturnya.

Selain Wahid, turut hadir dalam acara ini antara lain para investor, Sekretaris Daerah DIY Raden Kadarmanta Baskara Aji, pihak Kemenkeu, Bappenas dan Kementerian/Lembaga lain yang terkait.

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Endus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: