Solusi Bisnis Era Digital, Seedbacklink Siap Dukung Usaha Makin Dikenal!
Platform digital menjadi kendaraan utama bagi para pelaku bisnis di era teknologi yang makin berkembang. Tak terkecuali, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini cukup banyak menggunakannya. Platform digital terbukti membantu pelaku UMKM mengeskalasi bisnisnya menjangkau lebih banyak pembeli.
Menurut data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), sebanyak 20,5 juta UMKM telah melakukan digitalisasi dengan memperluas bisnisnya menggunakan platform e-commerce. Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM (KemenkopUKM) menargetkan sebanyak 30 juta dari total 65,4 juta UMKM bisa masuk ke dalam platform digital pada tahun 2024.
Baca Juga: Lindungi UMKM dari Gempuran Produk Asing, PSI Dukung Revisi Permendag No 50/2020
Untuk mempercepat pertumbuhan angka tersebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan membantu para pelaku UMKM memahami cara memulai berbisnis di platform digital dan mengembangkannya. Saat ini adalah momen tepat bagi pelaku UMKM yang ingin melakukan digitalisasi terhadap bisnisnya.
Branding adalah kunci mempertahankan bisnis
Memulai bisnis UMKM di platform digital bisa dilakukan dengan menyiapkan segala hal yang berkaitan, salah satunya adalah branding dari UMKM itu sendiri. Branding atau pencitraan jadi cara untuk membuat suatu UMKM dan produknya dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Hasilnya, usaha bisa makin berkembang
Berbeda dengan cara konvensional, branding di bisnis digital adalah hal yang paling penting bagi UMKM. Dengan branding, pelaku UMKM dapat bersaing di pasar digital dan menjangkau banyak konsumen. Namun, nyatanya tujuan branding tak cuma soal memperbesar jangkauan. Lalu, apa saja manfaat dari branding bagi para pelaku UMKM?
Branding dapat membantu para pelaku UMKM mengembangkan usahanya dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan; memperkenalkan brand, produk, dan perusahaan; meningkatkan reputasi dan brand awareness; meningkatkan loyalitas pelanggan brand; dan menginformasikan kegiatan terbaru dari brand.
Dengan branding yang tepat para pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan produk lewat jangkauan. Tak hanya itu, dengan branding yang tepat, pelaku UMKM dapat mengenalkan brand-nya agar makin diingat pelanggan. Hasilnya, pelanggan menjadi aware terkait produk dan brand UMKM yang berujung pada peningkatan pendapatan dan loyalitas pelanggan.
Selain branding, banyak bisnis UMKM berupaya untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas organik mereka, banyak pemilik situs web bergantung pada backlink. Backlink merupakan tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs Bisnis.
Namun, tidak semua backlink diciptakan sama. Beberapa backlink mungkin berasal dari situs web yang tidak relevan atau tidak berkualitas, yang dapat merusak reputasi situs Bisnis di mata mesin pencari.
"Kami berkomitmen untuk memberikan backlink berkualitas tinggi kepada pengguna kami untuk meningkatkan peringkat situs web mereka di mesin pencari. Kami percaya bahwa setiap pemilik situs web harus dapat mengakses backlink berkualitas tinggi tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mencarinya sendiri," ujar VP Marketing seedbacklink, A. Desrayen.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto
Advertisement