Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendorong Transformasi Digital untuk UMKM agar Ekonomi Indonesia Lebih Kuat

Mendorong Transformasi Digital untuk UMKM agar Ekonomi Indonesia Lebih Kuat Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anggota Komisi I DPR A. Rizki Sadiq mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Hal ini untuk meningkatkan penjualan.

"Saya sebagai perwakilan Komisi I DPR RI mendorong segala aspek masyarakat khususnya yang bergerak di bidang UMKM untuk memanfaatkan segera dan semaksimal mungkin semua platform digital. Yang mendukung upaya menyukseskan dunia UMKM," ucap Sadiq dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema "Ruang Digital untuk UMKM", bekerjasama Kementerian Kominfo melalui Dirjen Aptika Kominfo dengan Komisi I DPR RI, Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, dengan perkembangan digital yang begitu pesat harus bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM. "Perkembangan digital sangat cepat sekali, jika kita tidak memulai maka akan selalu tertinggal, segeralah untuk memulai, mencoba, dan mengupgrade diri kita semaksimal mungkin mengenai digitalisasi sesuai dengan bidang yang kita minati," katanya.

Anisa Mawarningrum, seorang Content Creator yang juga sebagai Entrepreneur muda mengatakan bahwa, pemberdayaan UMKM melalui digital merupakan langkah baik bagi pemerintah untuk msayarakat pelaku UMKM dalam mengupayakan peningkatan perekonomian Indonesia.

"Upaya pemberdayaan UMKM sangat vital bagi perekonomian Indonesia, sehingga pemberdayaan UMKM melalui digital sangat didorong agar pelaku usaha mendapatkan banyak keuntungan seperti menjangkau pelanggan secara luas, dan konsumen memperoleh keuntungan melalui kemudahan akses produk UMKM," katanya.

Tokoh Perempuan Surabaya, Juliana Eva Wati menuturkan, bahwa transformasi digital untuk UMKM memiliki banyak keuntungan bagi pelaku UMKM.

"Mengapa UMKM perlu bertransformasi melalui digitalisasi? Karena dengan digitalisasi, UMKM dapat memperluas jangkauan hingga ke berbagai daerah bahkan negara lain, meningkatkan pendapatan karena jangkauan yang luas menarik pelanggan yang lebih banyak, mempermudah transaksi, dan sebagai wujud memanfaatkan perkembangan digital, serta hemat biaya operasional UMKM karena lebih efisien," ucapnya.

"Tahapan dalam digitalisasi UMKM adalah dengan menentukan model bisnis dan platform yang akan digunakan, menggunakan digital marketing, website dan sosial media sebagai promosi usaha, penggunaan perangkat lunak yang mendukung, dan tentunya memprioritaskan pelanggan dan karyawan," katanya.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah melansir, sebanyak 3,79 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya, jumlah ini berkisar 8% dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yaitu sekitar 59,2 juta pelaku UMKM.

Masih kecilnya presentase UMKM yang sudah memanfaatkan ruang digital dalam meningkatkan penjualan produk atau jasanya, mendorong  agar masyarakat atau pelaku UMKM dapat memanfaatkan digital sebagai sarana meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dijualnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: