Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gigin Sentil Jokowi yang Kesal karena China Kuasai Hampir Seluruh Tambang Nikel di Indonesia, 'Lah Kok Baru Nyadar Sekarang?'

Gigin Sentil Jokowi yang Kesal karena China Kuasai Hampir Seluruh Tambang Nikel di Indonesia, 'Lah Kok Baru Nyadar Sekarang?' Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, menyentil Presiden Jokowi yang meradang soal posisi China sebagai eksportir panel Surya nomor satu gegara bauksit."Sudah 9 tahun berkuasa kok baru sekarang sadarnya," ujar Gigin dikutip dari unggahan twitternya, @giginpraginanto (22/2/2023).

Gigin kemudian menyinggung bagaimana Presiden Jokowi kerap bolak-balik ke Beijing. Sampai China menguasai 95 persen tambang nikel.

"Sudah berulang kali bolak-balik ke Beijing sampai China menguasai 95 persen tambang nikel," lanjutnya.

Bukan hanya itu, dituturkan Gigin, China juga sukses memaksa pemerintah memakai APBN untuk melancarkan proyeknya.

"Yang biayanya berkali-kali membengkak," tukasnya. Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan ada yang salah dari pengelolaan sumber daya alam di Indonesia selama ini. Menurutnya, Indonesia terlalu lama mengekspor bahan mentah daripada mengubahnya menjadi produk dengan nilai tambah alias hilirisasi.

Jokowi menilai, banyak sekali negara di dunia jadi negara maju karena membuat produk dengan nilai tambah dari sumber daya alamnya.

Produk-produk tersebut memiliki nilai strategis dan banyak diincar berbagai negara dan juga perusahaan besar di dunia.

Dia sedikit jengkel Indonesia tidak menerapkan hal ini selama bertahun-tahun lamanya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: