Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Respons Cepat Efek Lonsornya Jalan Nasional Bogor-Sukabumi, Kementerian PUPR: Targetnya, Dua Minggu!

Respons Cepat Efek Lonsornya Jalan Nasional Bogor-Sukabumi, Kementerian PUPR: Targetnya, Dua Minggu! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat tangani longsor Jalan Nasional Bogor-Sukabumi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor yang terjadi pada Senin (27/2/2023). Longsor tersebut diakibatkan tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut. 

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, saat ini sedang dilakukan pemasangan jembatan rangka baja atau bailey

Baca Juga: Perluas Perumahan Bersubsidi, Kementerian PUPR Gandeng Bank Syariah

"Jembatan rangka baja ini dipasang untuk penanganan darurat, pekerjaan sudah dilakukan sejak Selasa (1/3/2023). Diupayakan dalam dua minggu selesai dan bisa difungsikan untuk dilalui kendaraan ringan," kata Jubir Endra dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023). 

Endra menyebut nantinya selama perbaikan kendaraan besar seperti roda empat dan enam yang mengarah ke Sukabumi atau sebaliknya akan dialihkan via Gate Tol Bocimi (Ciawi).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta -Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan, saat ini juga tengah dibuat desain rencana perbaikan permanen menjadi jembatan.

"Untuk penanganan permanen diperlukan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk pembebasan lahan/pembersihan dan penertiban bangunan di sisi kiri jalan dari arah Bogor. Lokasi longsor tersebut awalnya bukan jembatan namun berupa timbunan tinggi, di bawahnya ada crossing drain di kedalaman 20 m dan tergerus akibat cuaca ekstrem dari akhir tahun lalu," terang Wilan.

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat telah menyatakan komitmennya akan membantu Kementerian PUPR dalam menangani longsor di ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Heru Budi Tinggal Menikmati, Semua Dikerjakan Anies Baswedan Sendiri: Jakarta Tak Ada Banjir Lagi...

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa langkah awal, pihaknya mendukung pembangunan jembatan darurat sambil menunggu perbaikan jalan. Setelah jembatan darurat terbangun, Iwan menyatakan Pemkab  Bogor juga akan membantu proses perbaikan jembatan yang rusak. 

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: