Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Manfaat Minyak Jelantah untuk Bahan Baku Biodiesel

Begini Manfaat Minyak Jelantah untuk Bahan Baku Biodiesel Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Manajer Riset Traction Energy Asia, Refina Muthia mengusulkan agar pemerintah mempertimbangkan untuk dapat menggunakan minyak jelantah sebagai bahan baku alternatif komplimenter biodiesel nasional. 

Menurutnya, beberapa literatur yang ada menegaskan bahwa minyak jelantah memiliki komposisi kimia yang menyerupai Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan baku biodiesel. 

"Kedua minyak jelantah merupakan limbah yang dimanfaatkan kembali untuk diproduksi menjadi biodiesel," ujar Refina dalam diskusi virtual, Selasa (28/3/2023). 

Baca Juga: Dapat Dijadikan Pengganti BBM, Ini Potensi Minyak Jelantah

Selain faktor tersebut, Refina menjelaskan bahwa dengan bahan baku utama CPO dan melihat target biodiesel nasional yang cukup tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, akan berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan dari sisi alih fungsi lahan. 

"Jika target biodiesel nasional terus meningkat setiap tahunnya, maka ada potensi alih fungsi lahan di sektor hulu apabila kita hanya mengandalkan CPO sebagai bahan baku utama," ujarnya. 

Selain itu, minyak jelantah merupakan limbah yang berbiaya murah dan pemanfaatanya juga memberikan manfaat kepada lingkungan karena mengurangi pencemaran lingkungan.

"Dan juga, pemanfaatan minyak jelantah untuk diproduksi menjadi biodiesel itu rendah emosi gas rumah kaca," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: