Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadir di ICRAFT 2023, Pertamina Dorong Pembangunan Perekonomian UMKM

Hadir di ICRAFT 2023, Pertamina Dorong Pembangunan Perekonomian UMKM Hadir di ICRAFT 2023, Pertamina Dorong Pembangunan Perekonomian UMKM | Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan mengambil bagian dalam ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) tahun 2023 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, pada 5 hingga 9 April 2023.

Kehadiran ICRAFT 2023 dinilai sebagai momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar.

Baca Juga: Kembali Tunjukan Komitmen Dorong Kebangkitan Ekonomi Indonesia, UMKM Unggulan Pertamina Hadir di ICRAFT 2023

Dalam kegiatan tersebut, UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk unggulan, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.

Adapun, tema yang diusung kegiatan tersebut ialah "Kriya Indonesia dalam Era Ekonomi Digital". Kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat para pelaku UMKM semakin mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran.

Hal tersebut dinilai penting sebagai pemacu peningkatan profit penjualan serta memasarkan produk ke pasar internasional yang tentunya diharapkan bisa meningkatkan angka ekspor.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online, dan tentunya terus mengikuti perkembangan era digital ini, di mana branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan media sosial. 

"Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas," ujar Fadjar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: Ekonomi Bergeliat, Pertamina Gencar Promosikan Produk UMKM Binaan di Berbagai Bazar Selama Ramadan

Dia menyebut, Pertamina juga memiliki marketplace yang bisa diakses melalui laman smexpo.pertamina.com, yang merupakan wadah Pemasaran digital produk mitra binaannya yang dapat diakses secara umum.

Bahkan, kata Fadjar, untuk meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan, marketplace tersebut juga menyediakan berbagai promosi, seperti gratis ongkos kirim, diskon harga, flash sale serta voucher potongan harga.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: